cara amankan rumahLiburan panjang membutuhkan persiapan panjang, termasuk soal rumah dan keamanannya. Ini yang mesti diperhatikan sebelum Anda traveling.

#1 Beritahu tetangga yang Anda percaya
Hal sederhana tetapi krusial bagi ketenangan pikiran Anda sewaktu berlibur adalah dengan ‘menitipkan’ rumah pada tetangga yang terpercaya. Mintalah ia untuk sesekali melewati rumah Anda, hanya untuk mengecek apakah semua aman. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau tanaman, Anda bisa meminta bantuannya juga, tentu saja jika ia tak berkeberatan.

#2 Jangan undang kriminal di jejaring sosial
Internet adalah tempat yang patut diwaspadai. Anda tak pernah tahu siapa yang mendengar kicauan Anda setiap harinya. Jadi, meski Anda demikian bersemangat untuk berlibur, pastikan untuk tidak mempublikasi informasi yang rawan disalahgunakan. Misalnya, “Asik, besok saya akan ke Eropa selama tiga minggu!”

#3 Beritahu aparat
Ketika liburan atau traveling dalam jangka waktu lebih dari satu minggu, pastikan untuk memberi informasi tersebut pada aparat. Berikan juga nomor kontak tetangga Anda yang telah Anda percayai dengan kunci rumah cadangan.

#4 Buka atau tutup gorden?
Menutup gorden sebelum Anda traveling akan mencegah orang luar melihat ke dalam dan mengetahui rumah Anda kosong. Di lain sisi, dengan menutup gorden Anda menghalangi orang-orang yang ingin membantu jika sesuatu yang buruk terjadi. Lantas bagaimana mesti bertindak? Cek kebiasaan Anda menata gorden, dan biarkan ia seperti itu. Perubahan yang terjadi bisa menjadi ‘tanda’ bahwa Anda sedang tidak di rumah. Tetapi, pindahkan barang-barang yang ‘mengundang’ niat buruk dari sekitar jendela.

#5 Lampu yang menyala
Meninggalkan rumah dengan lampu yang terus menyala akan berdampak buruk bagi tagihan listrik Anda, dan ia akan tampak menggiurkan di mata maling. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli timer yang bisa menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis.

#6 Jangan menaruh kunci cadangan di pot
Ketika maling mengetahui Anda sedang tak ada di rumah, ia akan mencari kunci rumah Anda di setiap titik-titik yang umum, seperti di bawah keset, di pot bunga, di atas kusen pintu, di dalam kotak pos. Jadi hindarilah.

#7 Kabel dan listrik
Meninggalkan rumah dengan beragam kabel masih tercolok di saluran listrik bukan hal yang bijak. Ketika terjadi sesuatu, konslet misalnya, rumah Anda mungkin tidak akan selamat. Lagipula, itu bukan salah satu cerminan gaya hidup yang hijau.

Komen