simbol-freemason
Freemason

MASON, atau Freemason, adalah anggota dari persaudaraan tertua dan terbesar di dunia, dengan lebih dari dua juta anggota aktif. Freemasonry berasal dari abad 16-an atau awal abad ke-17, dan anggota yang termasuk di dalamnya adalah raja, presiden, ulama, dan tokoh agama. Pelajari tentang tradisi Freemasonry dan bagaimana menjadi anggota persaudaraan terhormat ini.

Ini adalah artikel terjemahan dari artikel berjudul How to Become a Mason yang dimuat di wikihow.com (http://www.wikihow.com/Become-a-Mason) simak terjemahan bebas artikel tersebut berikut ini.

 

PERSIAPAN MENJADI ANGGOTA FREEMASON

persiapkan-diri-menjadi-freemason
Persiapan Menjadi Freemason

1

Memahami dasar-dasar freemasonry. Freemasonry didirikan oleh orang-orang yang berbagi komitmen untuk saling mendukung dalam persahabatan, persekutuan, dan pelayanan kepada umat manusia. Selama ribuan tahun, manusia telah menemukan pemenuhan spiritual dan filosofis sebagai anggota persaudaraan, yang masih beroperasi pada nilai-nilai inti yang sama. Untuk menjadi seorang Freemason, perlu untuk memenuhi persyaratan ini:

  • Menjadi seorang pria.
  • Memiliki reputasi yang baik, dan akan baik-direkomendasikan oleh rekan-rekan Anda.
  • Di kebanyakan yurisdiksi freemasonry, Anda harus percaya pada Mahatinggi, tanpa memandang agama Anda.
  • Jadilah yang berusia di atas 21 tahun.

2
Jadilah orang yang tertarik untuk membangun karakter dan moralitas. Moto Freemason adalah “pria yang lebih baik membuat dunia yang lebih baik.” Freemasonry menekankan kehormatan, tanggung jawab pribadi dan integritas pribadi, dan menawarkan hal-hal berikut kepada para anggotanya:

  • Pertemuan bulanan atau dua bulanan di loji atau pondok-pondok Freemason, yang seringkali di gereja-gereja atau bangunan publik lainnya. Di Inggris sebagian besar loji dibangun untuk tujuan itu.
  • Ajaran tentang sejarah Freemasonry dll.
  • Dorongan untuk hidup demi kebaikan seluruh umat manusia, dan ide-ide untuk berlatih kewarganegaraan yang baik dan bertindak dengan amal dan cinta.
  • Undangan untuk berpartisipasi dalam upacara kuno Freemasonry, termasuk jabat tangan, ritual inisiasi, dan kebebasan untuk menggunakan kotak Masonik dan simbol kompas.

3
Pisahkan sensasi dari kebenaran. Buku-buku seperti The Da Vinci Code telah mengabadikan gagasan bahwa Freemasonry adalah sebuah masyarakat rahasia dengan desain untuk mengambil alih dunia. Simbol tersembunyi dikatakan tersebar di sekitar Washington, DC, dan kota-kota lainnya. Yang benar adalah bahwa Freemason bukan bagian dari konspirasi tersebut, dan orang-orang yang mencoba untuk bergabung dalam Freemasonry dan berharap untuk mendapatkan akses rahasia tidak mendekati persaudaraan dengan niat yang tepat.

 

MEMINTA KEANGGOTAAN FREEMASON

menemukan-anggota-freemason
Temukan Anggota Freemason

1
Hubungi loji setempat. Cara termudah untuk memulai proses inisiasi adalah untuk menghubungi Masonik lokal, baik loji di Kabupaten atau Provinsi yang biasanya tercantum dalam buku telepon atau itu mungkin lebih mudah untuk Googling dan mengatakan Anda tertarik dalam keanggotaan. Ada beberapa cara lain untuk memulai proses tergantung di bagian dunia mana yang Anda minati, mungkin lebih baik jika Anda mulai dari lokal. Proses ini akan dimulai dari sana:

  • Cari Freemason. Banyak Freemason bangga menampilkan simbol Masonik pada stiker, topi, dan pakaian atau cincin. Mereka senang berbicara dengan orang-orang yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.
  • Beberapa yurisdiksi mengharuskan calon anggota pendekatan persaudaraan atas kemauan sendiri, tetapi yang lain memungkinkan anggota untuk mengeluarkan undangan. Jika Anda telah diundang untuk menjadi Freemason oleh anggota yang diketahui, jangan ragu untuk mengambil langkah selanjutnya.

2
Menerima undangan untuk bertemu dengan Freemason. Setelah permohonan Anda telah ditinjau, Anda akan dipanggil ke loji untuk wawancara dengan sekelompok Freemason yang membentuk Komite Investigasi.

  • Anda akan diminta pertanyaan tentang alasan Anda karena ingin menjadi seorang Freemason, sejarah, dan karakter Anda.
  • Anda akan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang Freemasonry.
  • Komite Investigasi akan menghabiskan satu atau dua minggu menghubungi referensi yang berkaitan dengan karakter Anda dan melakukan pemeriksaan latarbelakang. Alkoholisme, penyalahgunaan narkoba, penyalahgunaan keluarga, dan masalah lain yang mungkin menjadi dasar untuk penolakan. Di beberapa negara, proses investigasi ini dapat menghabiskan beberapa tahun.
  • Anggota Loji akan memilih apakah akan menerima Anda.
  • Jika Anda diterima, Anda akan menerima dan undangan untuk menjadi anggota.

 

MENJADI SEORANG FREEMASON

persaudaraan-freemason
Menjadi Freemason

1
Mulailah sebagai magang. Untuk menjadi seorang Freemason, Anda harus melanjutkan melalui proses memperoleh tiga gelar simbolik. The Apprentice adalah tingkat pertama, dan memperkenalkan kandidat untuk prinsip-prinsip dasar Freemasonry.

  • Kebenaran moral terkesan pada calon baru dengan menggunakan simbolis alat bangunan.
  • Magang harus menjadi mahir dalam katekese (pengajaran keyakinan/agama) sebelum mereka bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

2
Lanjutkan ke tingkat Fellow Craft. Dengan derajat kedua terus menanamkan dalam calon prinsip-prinsip keanggotaan baru mereka, terutama hubungan erat dengan seni dan ilmu pengetahuan.

  • Calon diuji pada penguasaan pengetahuan yang dipelajari sebagai magang.
  • Calon harus menghafal katekese kedua untuk menyelesaikan gelar.

3
Menjadi Master Mason. Master Mason derajat adalah derajat tertinggi Freemason bisa mendapatkan, dan yang paling sulit.

  • Calon harus menunjukkan kemahiran dalam nilai-nilai Freemasonry.
  • Penyelesaian gelar dirayakan dengan upacara.
  • Di AS, rata-rata waktu berlalu dari permohonan awal untuk Lodge untuk menerima gelar Master Mason adalah 4-8 bulan.

 

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi seorang Freemason, silakan lakukan langkah-langkah di atas. Langkah pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan adalah cari loji-loji freemason di sekitar Anda.

Tiga Jalan Menjadi Seorang Freemason