Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Cina tidak hanya merupakan negara yang besar, tetapi juga kaya. Meski begitu, ternyata ada beberapa negara yang terbilang kecil namun sangat kaya dengan sumber daya alam dan manusianya. Berikut negara-negara kecil nan kaya di dunia.

negeri kecil nan kaya

Brunei Darussalam
Negara yang terletak di bagian atas Pulau Kalimantan ini sungguh negara yang kecil namun sangat kaya. Pendapatan per kapita mereka adalah sekitar $50.321. Negara ini diberkahi cadangan minyak mentah yang memainkan peran utama dalam membuat Brunei menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Pemerintah Brunei juga banyak mengambil keuntungan dari peluang investasi yang dimiliki beberapa lembaga terkenal di Amerika Serikat dan Eropa Barat. Pemerintah setempat bahkan menawarkan subsidi kesehatan dan pendidikan bagi warga negaranya.

negeri kecil tapi kaya

Republik Seychelles
Dianggap sebagai negara terkaya di Afrika dengan pendapatan per kapita sekitar $25.500. Negara kecil ini sebenarnya merupakan negara kepulauan dengan lebih dari seratus pulau kecil yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini memiliki populasi yang tak terlalu besar dengan berbagai hotel mewah yang dibangun di dekat pantai mereka.

negeri kecil tapi kaya

Luxemburg
Dengan pendapatan per Kapita $80.600, negara ini menjadi negara yang harus diperhitungkan dalam ekonomi Eropa. Negara ini terkenal dengan tingkat pengangguran yang rendah dan minimnya inflasi pasar. Hal ini menyebabkan tumbuhnya ekonomi yang solid di negara tersebut.

negeri kecil tapi kaya

Singapura
Sering dianggap sebagai pusat keuangan dan teknologi Asia Tenggara, negara ini memiliki pendapatan per kapita sekitar $60.000. Singapura menawarkan pasokan elektronik serta farmasi untuk diekspor ke negara-negara lain. Meningkatnya jumlah investor asing juga membuat Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Dan jangan lupa, negara ini kerap menjadi tujuan belanja kaum elit Indonesia.

negeri kecil tapi kaya

Equatorial Guinea
Dengan pendapatan per kapita sekitar $19.901, negara ini kerap disebut-sebut sebagai negara terkaya kedua di Benua Afrika. Penemuan minyak di negara ini memainkan peran utama dalam penambahan pendapatan negara.

negeri kecil tapi kaya

Qatar
Qatar adalah negara kaya minyak yang terletak di benua Asia. Dengan pendapatan per kapita $98.948, Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Berbagai cadangan minyak mentah dan gas alam menyokong pendapatan negara yang satu ini.

negeri kecil tapi kaya

San Marino
Negara ini memiliki pendapatan per kapita $43.089. Negara ini bergantung pada pariwisata sebagai pendorong utama perekonomian warganya. Lembaga keuangan dunia bahkan menunjuk San Marino sebagai negara dengan tarif pajak paling rendah di dunia. Hal ini membuat banyak investor asing yang tak ragu menanam uang mereka di sana

negeri kecil tapi kaya

Kuwait
Ekonomi Kuwait tergantung pada cadangan minyak dan gas alamnya. Dengan pendapatan per kapita $41.401, Kuwait merupakan salah satu negara kecil terkaya di dunia. Negara ini terletak di wilayah Timur Tengah dan menjadi salah satu negara terkaya di Asia.

negeri kecil tapi kaya

Islandia
Memiliki pendapatan per kapita $38.060 membuatnya menjadi salah satu negara kecil terkaya di dunia. Ekonomi negara ini tergantung pada industri perikanan yang menyumbang hingga 15% pendapatan negara. Perusahaan-perusahaan asing yang berinvestasi di bidang bioteknologi dan industri perangkat lunak juga memainkan peran utama menjadikannya negara kaya.

negeri kecil tapi kaya

Botswana
Dengan pendapatan per kapita $16.578 membuat negara dengan populasi sekitar 2,3 juta orang ini menjadi salah satu negara terkaya di Afrika. Sektor pariwisata merupakan sektor penting di negara ini. Selain itu, penggemukan sapi dan pertanian tanaman pangan juga membantu meningkatkan perekonomian negara. Dengan perkembangan industri dan infrastruktur yang baik, diprediksi perekonomian negara ini masih akan meningkat secara drastis.

Negera Kecil Tapi Kaya