Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa pengertian Negara maju (developed country) adalah

“one that allows all its citizens to enjoy a free and healthy life in a safe environment” –Kofi Annan.

Tapi pada prakteknya, Developed country adalah Negara dengan tingkat ekonomi, teknologi, dan kesejahteraan yang lebih tinggi dibanding negara lainnya.

Nah, Indonesia itu kan masih masuk kategori “Developing Country” ya, atau negara berkembang. Terus, kapan dong Indonesia jadi negara maju? Tahun ini? Tahun depan? 20 tahun lagi? Sebelum kamu terbentur pada batasan dimensi waktu, ini adalah saat-saat dimana Indonesia sudah bisa dibilang sebagai Negara Maju,

1. Ketika Tingkat Edukasi Rakyat Sudah Lebih Tinggi

“Education is what remains after one has forgotten everything he learned in school.”- Albert Einstein.

Beberapa research udah ngebuktiin bahwa semakin tinggi tingkat edukasi, semakin kecil tingkat kemiskinan seseorang. Itulah salah satu pentingnya pendidikan. Lagian nih ya, kalau tingkat edukasi rakyat nya udah tinggi, rakyatnya bisa makin pinter dan berujung kepada kepunahan spesies manusia yang bisanya cuma komen tolol di internet.

2. Ketika Pemimpin Sudah Menomersatukan Kepentingan Umum
“Ah percuma, mau rakyatnya pinter, kalau pemimpinnya korupsi mah sama aja boong”. Makanya saya bilang, salah satu momen yang diperluin Indonesia untuk maju adalah ketika Indonesia memiliki pemimpin yang mendahulukan kepentingan umum.

Daripada mikirin perut dan kepentingan pribadi, mending mikirin perut rakyatnya. Mungkin ada yang bilang, “Jadi pemimpin tuh berat loh! Jangan cuma nuntut aja pengen pemimpin yang baik, dikira gampang apa?” lah, udah tahu jadi pemimpin nggak gampang, kenapa malah pada rebutan jadi pemimpin?

indonesia maju

3. Ketika Sudah Tidak Ada Orang-Orang Berpikiran Sempit di Indonesia
Indonesia itu Negara dengan ideologi Pancasila kan. Dimana di dalamnya ada 5 agama yang diakui secara hukum di Indonesia. Nah, buat apa sih memperdebatkan perbedaan? Orang yang sama-sama ngaku Islam aja masih sering ada beda pendapat, ini lagi kalau ada beda pendapat langsung berkoar kemana-mana udah kayak burung nggak dikandangin.
Biasain deh buat lebih banyak baca biar wawasan kamu makin luas, kalau udah luas, ajarin deh orang-orang yang ngakunya berTuhan tapi tetep aja mendahulukan kekerasan dan sering berargumen yang menjadikan dirinya (dan golongannya) terlihat bodoh.

4. Ketika Media Sudah Lebih Valid dan Mendidik
Ini juga. Pernah denger term

“In a country of a blind, one-eyed man is the king”?

Jangan buta informasi ya pembaca yang budiman. Maknanya adalah, kalau dapet suatu berita, tolong dong, jangan cuma ambil dari satu sumber. Sementara, dari pihak penyedia medianya sendiri gimana? Tolong ya, jangan karena dikejar deadline, Headline berita sama kontennya melenceng. Terus validasi beritanya juga dipertanyakan.

5. Ketika Para Penerusnya Masih Berpikiran Positif
Sebenernya, kalaupun empat poin diatas sudah kejadian, Indonesia masih belum bisa maju kalau generasi mudanya masih berpikiran negatif. Yah, intinya, kita harus percaya, dibalik segala macem scarcity atau kelangkaan yang ada di dunia ini, masih banyak hal positif yang bisa kita ambil.

Yah gitu dulu deh. Menurut kamu, tahun berapa Indonesia bisa jadi Negara Maju? Share yok di komen, sekali-kali komennya yang berbobot dikit ah.

Komen