Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Candi gedong Songo Semarang

Weekend atau holiday merupakan saat yang paling tepat untuk memanjakan diri, bisa menghabiskan waktu santai di rumah atau refreshing ke tempat-tempat wisata untuk menghilangkan penat setelah berkutat dengan pekerjaan selama sepekan. Bila memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata, Candi Gedong Songo yang berada di Lereng Gunung Ungaran bisa menjadi salah satu pilihannya. Selain bisa menghilangkan kepenatan, kita juga lebih mengenal sejarah dan budaya bangsa sendiri.

Cerita Candi gedong Songo Semarang

wisata tanah air semarangDari informasi yang Saya terima, Candi Gedong Songo berada di Dusun Darum, Desa Candi, Bandungan, Semarang. Pasalnya Candi ini merupakan salah satu candi peninggalan budaya Hindu yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa gedong yang berarti rumah atau bangunan dan songo yang berarti Sembilan. Jadi secara keseluruhan gedong songo berarti Sembilan bangunan. Selain sebagai wisata sejarah dan budaya, Candi Gedong Songo juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Keindahan alam sekitar Kompleks Candi Gedong Songo sudah bisa kita rasakan sejak memasuki area candi. Sesuai dengan namanya Candi Gedong Songo (Candi Sembilan Bangunan) memiliki 9 candi yang lokasinya agak berjauhan satu sama lain, oleh karena itu pengelola candi menyediakan kuda sebagia alat transportasi untuk menuju candi-candi tersebut jika para pengunjung tidak ingin berjalan kaki. Harga untuk transportasi ini juga cukup bervariatif dari Rp.20.000 – Rp.50.000 bagi wisatawan lokal dan Rp.30.000 – Rp.70.000 untuk wisatawan asing, bergantung lokasi yang dituju. Namun bagi Anda yang suka dengan petulangan dan alam, jalan kaki akan terasa lebih menyenangkan apalagi jika beramai-ramai. Dan jangan lupa membawa camilan untuk menemani ketika berjalan kaki, namun ingat untuk tidak membuang sampah sembarang.

wisata tanah air Untuk sampai ke Candi Gedong I, kita harus berjalan sekitar ±200 meter melalui jalan setapak yang cukup menanjak. Kemudian untuk sampai ke Candi Gedong II kita juga harus melewati jalan setapak yang berliku dan cukup menanjak dengan jarak yang lebih jauh. Jalan terjal yang dikelilingi hutan pinus cukup untuk membuat kaki sedikit gemetar karena lelah, tapi pemandangan alam yang disuguhkan mampu menyejukkan mata. Sedikit kabut yang menyelimuti menambahkan keindahan alam yang terlukis disana. Tidak lama kemudian kita sudah sampai pada Candi Gedung II, sedangkan untuk menuju lokasi Candi Gedong selanjutnya, medan yang harus dilewati juga serupa dengan medan sebelumnya dengan pemandangan yang semakin indah.

wisata semarangDiantara Candi Gedong III dan Candi Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi. Para wisatawan bisa mandi dan menghangatkan badan disebuah pemandian yang dibangun dekat kepunden tersebut. Bau belerangnya cukup kuat dengan kepulan asapnya yang agak tebal ketika mendekati sumber air panas tersebut. Karena keindahanya, tak jarang Candi Gedong Songo dijadikan sebagai tempat foto pre-wedding. Mengingat jalur yang harus dilewati untuk mencapai ke-9 candi cukup jauh, ada baiknya menyewa kuda sebagai alat tranportasi jika tidak ingin kelelahan.

Untuk sampai ke Kawasan Wisata Candi Gedong Songo, kita bisa mencapainya dari Kota Ambarawa dengan lama perjalanan ±40 menit atau bisa juga dari Obyek Wisata Bandungan sekitar ±10 menit. Sedangkan dari Kota Semarang berjarak sekitar ±45 km dan sekitar ±25 km dari Ungaran, Anda bisa memilih jalur terdekat dari lokasi Anda berada. Setelah sampai kawasan wisata Candi Gedong Songo, kita cukup membayar tiket masuk sebesar 6ribu rupiah pada hari biasa, 7.500 rupiah saat weekend dan 50ribu rupiah khusus wisatawan mancanegara.
Sumber,kompasiana

Cerita Terkait Candi gedong Songo Semarang