Berlibur bersama para sahabat atau saudara memang menyenangkan, tapi banyak lho hubungan pertemanan yang menjadi rengang, bahkan putus, karena kesalahpahaman dalam mengatur keuangan selama berlibur.

Pertengkaran yang disebabkan karena uang bisa merusak liburan Anda,” kata Nadine Davidson, penulis buku Travel With Others Without Wishing They’d Stayed Home.

Jadi, sebelum memesan tiket pesawat liburan akhir tahun nanti, tentukan dulu gaya berlibur Anda dan sampai sejauh mana kemampuan finansial teman berlibur Anda.

Sebelum Pergi:
1. Hitung-hitungan yang serba tertulis. Hindari prinsip ‘bagaimana nanti’, pastikan rekan berlibur Anda tahu berapa uang yang akan ia keluarkan. Lebih baik lagi jika ada rencana keuangan berlibur yang tertulis.

2. Beli tiket / deposit kamar hotel secara terpisah. Saat ini sudah banyak hotel atau resor yang memungkinkan tamunya untuk melakukan deposit tanpa membebankan biaya ke kartu kredit. Meski terdengar sedikit egois, membeli tiket atau membayar deposit hotel secara terpisah akan mempermudah dalam proses hitung-hitung nanti, tapi pastikan dahulu kalau rekan berlibur Anda tidak berkeberatan dengan hal ini.

liburan menyenangkanKetika Berlibur:
1. Jujur
Ketika Anda dan sahabat berlibur ke Disneyland Hongkong, salah satu dari Anda mengusulkan untuk menginap di hotel yang berada dalam kompleks Disneyland, Anda sendiri diam-diam keberatan karena selain harganya mahal, tidak ada yang terlalu spesial dengan hotel tersebut. Kejujuran Anda bisa membantu menghemat pengeluaran. Utarakan keberatan Anda untuk mengeluarkan uang. Kalau rekan akan tetap bersikeras, Anda masih bisa menginap di tempat lain yang lebih murah, bukan?

2. Bayar masing-masing
Kalau tidak ingin repot-repot menagih utang dikemudian hari, sistem bagi dua paling cocok. Sebelum berangkat, tegaskan kalau Anda ingin tidak ada utang atau uang yang terlupa dibayar setelah liburan berakhir.

3. Inisiatif
Rekan berlibur Anda tipe yang ingin tahu beres? Manfaatkan keadaan ini dengan inisiatif menawarkan jasa untuk mencari hotel atau resto yang sesuai dengan bujet Anda dan rekan.

4. Minta waktu sendiri
Rekan Anda ingin nongkrong di suatu bar semalam suntuk, sedangkan Anda tidak mau mengeluarkan uang terlalu banyak untuk satu malam. Biarkan rekan Anda pergi sendiri melakukan apa yang ia mau. Lalu Anda? Menikmati malam di taman kota sambil ditemani segelas kopi hangat juga tak kalah menyenangkan!

Komen