Asisten Virtual dalam bahasan ini adalah yang menggunakan sumber daya manusia berserta keahliannya, bukan teknologi AI seperti tanya veronika asisten virtual yang menggunakan chatbot. Saat menyewa asisten virtual (VA), melakukan wawancara awal sangat penting. Mewawancarai calon pekerja memungkinkan Anda mengetahui kemampuan pelamar tersebut dan memverifikasi bahwa dia memang orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Seperti yang Anda ketahui, memilih VA yang salah untuk peran yang Anda isi sangat memusingkan, belum lagi membuang-buang waktu. Oleh karena itu, sangat masuk akal untuk mengajukan pertanyaan wawancara yang tepat sehingga Anda dapat mengidentifikasi orang yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik dan persyaratan pekerjaan Anda.

1. Apa keterampilan dan keahlian utama Anda?

Ini perlu untuk alasan yang jelas. Jika Anda ingin seseorang melakukan sesuatu untuk Anda, seperti merancang situs web, misalnya, akal sehat menentukan bahwa Anda memilih orang yang tahu persis apa yang dia lakukan. Jika tidak, apa gunanya mempekerjakan seseorang yang tidak dapat melakukan peran yang Anda ingin dia isi dengan tidak memuaskan? Dengan demikian, Anda harus menentukan apakah calon VA memenuhi syarat untuk membantu Anda dan memiliki keahlian khusus yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

2. Apakah Anda berpengalaman dengan perangkat lunak yang diperlukan?

Tidaklah cukup jika Anda mengetahui bahwa calon VA memiliki keterampilan untuk melakukan tugas yang Anda pikirkan. Penting juga untuk mendapatkan kepastian bahwa dia pandai melakukan pekerjaannya. Saat ini, ada asisten virtual yang kualifikasi dan pengalamannya berkisar dari nol hingga tingkat pemula. Dengan demikian, tentu akan membantu untuk menentukan tingkat kompetensi dan pengalaman pelamar sebelum mempekerjakannya. Dengan cara ini, Anda yakin bahwa VA yang akan Anda pekerjakan dilengkapi dengan baik untuk menangani tanggung jawab yang ditanggung oleh pekerjaannya.

3. Apa kekuatan dan kelemahan Anda?

Ini bukan tentang jawaban itu sendiri, tetapi lebih tentang cara calon VA menjawab pertanyaan tersebut. Orang yang cakap, apakah mereka asisten virtual atau bukan, harus menyadari kekuatan dan kelemahan mereka dan akan mampu menjawab pertanyaan ini tanpa masalah.

Tetapi jika pelamar yakin bahwa dia tidak memiliki kelemahan, maka jelas, Anda mungkin ingin pindah ke kandidat berikutnya. Ini berarti bahwa orang tersebut tidak terbuka untuk tumbuh dan berubah. Dia mungkin juga memiliki masalah dalam menerima pertanggungjawaban atau kritik yang membangun jika dia membuat kesalahan.

4. Jam berapa Anda bekerja?

Mengetahui waktu dan hari terbaik Anda dapat menghubungi VA Anda sangat penting untuk bisnis Anda. Karena itu, Anda harus mendapatkan jam kerja VA dan membandingkannya dengan kebutuhan Anda. Dan jika Anda akan mempekerjakan seseorang yang berada di belahan dunia lain, perhatikan perbedaan waktunya.

5. Seberapa cepat Anda merespons selama jam kerja?

Meskipun sering diabaikan, pertanyaan ini adalah sesuatu yang harus Anda tanyakan karena memungkinkan Anda mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan VA untuk menghubungi Anda kembali melalui panggilan atau email saat Anda membutuhkan sesuatu. Ingatlah selalu bahwa komunikasi antara Anda dan asisten Anda sangat penting. Oleh karena itu, segala sesuatu yang menjadi perhatian harus ditetapkan dan diperjelas sejak dini.

6. Pernahkah Anda memiliki klien yang kesulitan menjelaskan kebutuhannya?

Anehnya, ada banyak pemberi kerja yang tidak bisa menjelaskan dengan tepat apa yang mereka inginkan dari VA mereka. Dengan mengajukan pertanyaan ini kepada pelamar, Anda dapat mengukur kemampuannya untuk memecahkan masalah ketika dihadapkan pada situasi yang serupa. Anda dapat menguji inisiatifnya dan menentukan bagaimana dia akan bereaksi jika Anda ingin sesuatu dilakukan tetapi tidak dapat memberikan detail yang cukup atau tidak memiliki pengetahuan tentang cara mencapainya.

7. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki tenggat waktu dan komputer Anda tiba-tiba macet?

Menurut Hukum Murphy, segala sesuatu yang salah akan menjadi salah. Karena itu, sangat penting untuk mengukur kesiapan pelamar jika terjadi kecelakaan. VA Anda harus memiliki rencana darurat untuk memastikan bahwa tenggat waktu akan dipenuhi, dan tugas penting akan diselesaikan, apa pun situasinya.

8. Apakah Anda memiliki referensi yang dapat saya hubungi?

Meskipun ada asisten virtual yang memiliki ulasan dan testimonial yang dapat Anda baca di blog atau situs web mereka, tetap penting untuk menghubungi klien sebelumnya dari pelamar. Mereka dapat menjamin profesionalismenya sehingga Anda dapat memvalidasi klaimnya. Jika ada tanda keraguan di pihak pelamar saat Anda mengajukan pertanyaan ini, Anda mungkin ingin berpikir dua kali sebelum mempekerjakan orang itu.

9. Apa minat Anda? Apa yang paling Anda nikmati dari pekerjaan Anda?

Pertanyaan-pertanyaan ini tidak hanya akan memberi tahu Anda hal-hal yang disukai VA, yang merupakan sesuatu yang bisa sangat berguna di masa depan, pertanyaan-pertanyaan ini juga mengatakan banyak hal tentang Anda sebagai perusahaan.

Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik untuk mengenal orang tersebut tidak hanya pada tingkat profesional tetapi juga pada tingkat pribadi. Fakta bahwa Anda meluangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan yang tidak terlalu terkait dengan pekerjaan memberi kesan kepada VA bahwa Anda mudah didekati dan mudah bergaul.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here