Virtual Asisten menurut terminologi adalah asisten dunia maya yang tidak bertemu secara langsung namun memiliki fungsi sama dengan asisten konvensional. Seperti tanya veronika asisten virtual ini yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mendapatkan jawaban yang dibutuhkan. Sedikit berbeda dari AI veronika, teknologi asisten virtual ini setingkat diatasnya, meski pada dasarnya sama saja menggunakan chatbot.

Hound

Hound dipersembahkan oleh beberapa orang hebat yang memberi kami SoundHound. Aplikasi yang dapat mendengarkan lagu yang sedang diputar dan memberi tahu Anda siapa itu. Kebutuhan yang sangat umum, sehingga seluruh bisnis dapat dibangun di sekitarnya.

Hound jelas membuang sedikit “suara” dari namanya dan menawarkan pencarian tujuan umum, tetapi dengan rasa inovasi yang sama dengan SoundHound yang dikenal. Nilai jual utamanya adalah teknologi bahasa alami mereka yang canggih. Kecepatan, akurasi, dan ucapan alami adalah tiga pilar yang dibangun di atas hound.

Asisten Google

virtual asisten google

virtual asisten google


Asisten Google, meskipun namanya agak tidak imajinatif, adalah AI yang kuat yang tersedia di hampir semua perangkat Android di pasar. Diberdayakan oleh algoritme canggih Google, perangkat lunak ini sangat cerdas.

Selain itu, Google telah memamerkan beberapa fitur AI luar biasa yang akan menjadi bagian dari Asisten dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk kemampuan untuk menyuarakan orang dan membuat janji atas nama Anda.

Salah satu kekuatan terbesar GA adalah sudah lebih lama terbuka daripada Siri. Jadi, Anda akan menemukannya terintegrasi dengan baik dengan layanan seperti Samsung SmartThings dan Netflix. Ini juga tersedia untuk berbagai perangkat, seperti smart TV, speaker AI Google, dan perangkat wearable.

Asisten Google terkenal karena kemampuan bahasanya yang hebat, akses ke hampir semua layanan Google, dan interoperabilitas yang luas dengan solusi dari perusahaan lain. Semua atribut itu agak membuatnya berbeda dengan Siri milik Apple. Asisten Google juga tersedia di hampir semua platform dalam satu bentuk atau lainnya, jadi tidak ada yang menghentikan Anda untuk mencobanya.

Amazon Alexa

Alexa adalah penawaran dari raksasa ritel online Amazon. Jadi, ia memiliki integrasi yang dalam dengan produk dan layanan Amazon. Anda dapat membeli apa saja mulai dari bahan makanan hingga pembicara pintar Alexa lainnya hanya dengan beberapa kata, yang merupakan strategi bisnis yang brilian dari Tn. Bezos.

Ada sedikit keraguan bahwa Alexa menguasai pasar speaker pintar, tetapi pada perangkat seluler non-Amazon dia tidak begitu populer. Namun, jika Anda menginstal Alexa di perangkat Android atau iOS, ada banyak hal yang disukai dari kepribadian digital yang segar ini.

Alexa memiliki banyak “keterampilan” yang memungkinkannya melakukan hal-hal seperti menjadi asisten dapur yang hebat, membaca cerita sebelum tidur, melacak kalori, dan menemukan lokasi ponsel Anda.

Sebagai asisten suara umum, Alexa sedikit kurang mengesankan, tetapi jika Anda banyak berinvestasi di ekosistem Amazon, Anda mungkin sudah menggunakan Alexa.

Asisten Virtual Lyra

Lyra adalah salah satu pesaing paling serius dalam hal menjatuhkan produk asisten suara teratas dari alas mereka. Ini adalah alat yang sangat cerdas dan inovatif yang menjanjikan untuk melakukan hal-hal hebat. Jika cukup banyak orang yang menangkapnya.

Ini adalah asisten multi-platform berbasis cloud yang dapat Anda gunakan di desktop, laptop, tablet, dan ponsel. Ada aplikasi Android dan iOS, jadi sebagian besar pengguna seluler tercakup.

Seperti Asisten Google, Lyra dirancang untuk menjadi komunikatif. Dengan kata lain, Lyra dapat berkomunikasi melalui beberapa pertanyaan, mengingat apa yang Anda katakan sebelumnya dan menerapkan informasi itu ke bagian percakapan saat ini.

Pengembang Lyra telah melakukan banyak upaya dalam pemrosesan bahasa alami sehingga menghasilkan alat multibahasa yang cerdas yang siap digunakan bersama para pemain besar.

Dalam hal fungsionalitas, Lyra mencakup sebagian besar yang Anda harapkan. Pertanyaan umum, cuaca, media sosial, navigasi, dan area serupa lainnya cukup banyak dibahas. Lyra juga memiliki antarmuka yang sangat ramah, yang membuatnya layak untuk diunggulkan.

Cortana by Microsoft

cortana virtual asisten

cortana virtual asisten


Cortana dinamai karakter AI dari seri video game Halo. Dia adalah jawaban Microsoft untuk Siri dan juga terintegrasi dengan sistem operasi Windows 10. Microsoft tidak benar-benar memiliki andil dalam perangkat keras ponsel lagi dengan kegagalan Windows Phone, jadi Cortana tersedia sebagai unduhan aplikasi di platform iOS dan Android.

Keuntungan terbesar yang dimiliki Cortana dibandingkan yang lain adalah bagaimana dia menjembatani kesenjangan antara perangkat seluler Anda dan mesin Windows. Sebagian besar pengguna memiliki komputer Windows, jadi menyinkronkan paritas antara ponsel dan komputer benar-benar merupakan keuntungan yang sangat berguna.

Meneruskan tema integrasi ini, Cortana juga berfungsi sempurna dengan produk Microsoft lainnya seperti Office 365 dan Outlook, yang juga memiliki basis pengguna yang sangat besar.

Di sisi lain, Cortana terikat dengan pencarian Bing. Masuk akal, karena itulah mesin telusur Microsoft. Namun, Bing bukanlah Google, setidaknya belum. Jadi, jarak tempuh Anda mungkin berbeda dalam hal fungsionalitas pencarian.

Bixby

Seperti Siri, Bixby eksklusif untuk satu platform perangkat keras tertentu. Dalam hal ini, ini hanya tersedia di ponsel Samsung. Beberapa ponsel yang menampilkan Bixby sebenarnya memiliki tombol fisik khusus untuk memanggil pelayan digital ini, yang bisa berupa bonus atau gangguan, tergantung sudut pandang Anda.

Saat Bixby pertama kali diluncurkan, pengguna harus menghadapi banyak masalah gigi, tetapi sekarang ini adalah perangkat lunak yang jauh lebih tangguh. Keunggulan utamanya adalah Bixby terintegrasi lebih baik dengan perangkat keras ponsel Samsung.

Meskipun bercanda tentang betapa menyebalkannya tombol Bixby, Bixby sendiri telah benar-benar matang selama bertahun-tahun. Kita sekarang memasuki generasi ponsel ketiga yang mendukung Bixby dan kepala pelayan digital ini memiliki beberapa trik.

Dengan lebih dari 3000 perintah suara, hampir mungkin untuk mengontrol seluruh pengalaman telepon Anda hanya dengan menggunakan suara Anda. Ada juga Perintah Cepat, yang pada dasarnya adalah makro suara. Anda dapat mengatur serangkaian perintah yang dapat dipicu dengan satu kata atau frase. Pada dasarnya, Bixby adalah pesaing paling langsung ke Siri, jadi jika Anda memiliki salah satu model ponsel Samsung yang menampilkan Bixby, ada baiknya Anda mencobanya daripada langsung menuju ke Asisten Google. Selain itu, kedua asisten ini hidup bahagia bersama di telepon yang sama.

Apple Siri

asisten virtual siri

asisten virtual siri


Siri adalah produk yang menempatkan seluruh ide asisten suara AI di peta. Asisten ini pertama kali dikirimkan dengan iPhone 4S dan telah ditampilkan di setiap perangkat seluler Apple sejak saat itu. Jelas Anda hanya dapat menggunakan Siri di perangkat keras Apple, tetapi pada saat yang sama Siri juga bukan satu-satunya game di kota di iPhone.

Dalam hal kemampuan, Siri sebenarnya mulai tertinggal di belakang orang-orang seperti Google dan Amazon, tetapi banyak pembaruan terkini untuk iOS dan integrasi yang mendalam dengan ekosistem Apple kuat.

Apple baru-baru ini membuka Siri untuk pengembang aplikasi, sementara juga memperkenalkan fitur yang dikenal sebagai Pintasan Siri. Ini seperti makro khusus yang dapat Anda atur dengan pemicu suara Anda sendiri, menjadikan Siri salah satu asisten paling serbaguna di luar sana saat ini.

Dalam hal kemampuan bahasa alami, Siri sama sekali tidak buruk untuk digunakan. Namun, dibandingkan dengan Asisten Google, Siri tampaknya tidak memahami frasa yang lebih kompleks dan ucapan yang lebih bernuansa. Dalam hal pengenalan yang sebenarnya, Siri memang hebat, tetapi tidak ada otak sebanyak yang seharusnya.

Itu tidak berarti bahwa Siri tidak bisa cukup pintar. Asisten sekarang akan melakukan hal-hal seperti menyarankan pesan teks kepada orang yang ada janji temu jika Anda akan terlambat. Siri juga dapat otomatis melengkapi pesan teks yang Anda tulis dengan cerdas dan secara native berinteraksi dengan sebagian besar app Apple, seperti Kalender dan Apple Music.

Siri kini juga telah menyebar ke produk dan perangkat rumah pintar Apple seperti Apple TV dan jam tangan Apple. Versi terbaru MacOS juga menghadirkan Siri ke desktop. Jadi jika Anda sangat berinvestasi dalam ekosistem Apple, itu mengikat semuanya dengan rapi.

Terakhir, perlu dicatat bahwa Apple telah mengembangkan platform otomatisasi rumah mereka sendiri dan, jelas, Siri adalah pusat dari sistem itu.

Robin

Robin telah dipasarkan sebagai Android yang setara dengan Siri, tetapi pada saat yang sama ini merupakan perangkat lunak beta resmi. Artinya, jika Anda mencoba Robin, Anda membantu membentuk asisten tersebut menjadi seperti apa kelak.

Saat ini, ini masih merupakan layanan yang cukup mendasar. Anda bisa melakukan pencarian internet, mendapatkan berita, update cuaca dan lain sebagainya. Anda dapat melakukan panggilan, mengirim SMS, dan memulai navigasi. Konsensus keseluruhan tampaknya adalah bahwa Robin adalah asisten suara yang rapi, tetapi perlu lebih banyak pemolesan agar lebih dapat diandalkan dan fungsional.

Robin diciptakan pertama dan terutama untuk menjadi podcast dan sistem kontrol radio internet untuk mengemudi, tetapi itu berkembang menjadi lebih. Namun, jika terus membaik, ini bisa menjadi alternatif Siri yang sebenarnya untuk pengguna Android.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *