Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Wisata kuliner di surabaya

wisata kuliner di surabaya

kuliner surabaya

surabaya, adalah kota transit yang juga kota terbesar kedua di jakarta. mungkin karna kota surabaya adalah kota transit maka surabaya memiliki banyak sekali perbendaharaan makanan atau kuliner, nah menarik sekali bila kita menjajal berwisata kuliner di surabaya, mungkin pengalaman yang saya tulis tentang wisata kuliner di bawah ini bisa membantu anda untuk menjajal kuliner di surabaya.

di surabaya banyak sekali kuliner yang menggugah selera, tapi bila berwisata kuliner ke surabaya saya rasa ngga afdol bila belum menjajal makanan makanan seperti rujak cingur yang terkenal akan pedasnya, tahu campur yang kental akan petisnya, semanggi surabaya yang cocok dengan krupuknya yang khas, tahu tek dengan tahunya yang garing, sego goreng jowoyang kental dengan bumbu racikan khas, sego sambel yang pedesnya setengah mati, dan eemmm masih banyak lagi kuliner di surabaya, nah akan saya jabarkan satu persatu tentang wisata kuliner di surabaya yang wajib di coba.

1. Rujak Cingur

rujak cingur adalah masakan khas surabaya yang di dalamnya terdapat suyuran yang dikukus dipadu dengan petis dan lauknya adalah cingur alias hidung kerbau, biasanya rujak cingur di santap dengan lontong, oohhh sungguh enak kuliner yang satu ini. harga rujak cingur relatif murah antara Rp 7.000,- sampai Rp 15.000,- dan jangan kuatir banyak sekali penjual rujak cingur, di stasiun kereta sampai mall di surabaya pun ada bila anda mencari rujak cingur.

2. Semanggi Suroboyo

semanggi suroboyo ini adalah masakan khas surabaya, biasanya penjual semanggi suroboyo ini keliling untuk menjual semanggi suroboyo. di dalam masakan semanggi suroboyo ini adalah daun semanggi yang di taruh di atas pencuk atau daun pisang dan di basahi oleh bumbu kacang, cara memakanya pun cukup unik, untuk memakan semanggi suroboyo ini tidak menggunakan semdok tetapi menggunakan krupuk khas semanggi suroboyo yang bentiknya kotak besar. mungkin penjual semanggi suroboyo sudah mulai langka bah kan di surabaya sendiri, tapi justru itulah nikmatnya dalam berwisata kuliner di surabaya, bukan hanya rasanya tapi juga cara mendapatkan kuliner itu sendiri.

3. Tahu Tek Dinoyo

tahu tek ini pun adalah masakan khas surabaya, di namakan tahu tek karena jaman dulu penjual tahu tek ini menjajakan tahu teknya dengan memukul wajan atau penggorenganya dengan sendok, sehingga menimbulkan suara tek tek. penjual tahu tek banyak sekali tersebar di surabaya, tapi tahu tek di noyo ini cukup terkenal sampai sampai katon bagaskara pun rela duduk di warung kecil tahu tek dinoyo hanya untuk menikmati sepiring tahutek.

4. tahu campur

tahu campur ini banyak sekali di jumpai di surabaya, di sudut sudut jalan sering kali kita melihat warung tahu campur, penampilan tahu campur mirip dengan soto, tapi tidak berwarna kuning juga tahu campur memakai petis di dalamnya dan cara menyajianya tahu campur tidakmemakai nasi ataopun lontong, jadi tahu campur sangat cocok untuk menu makanan yang sedikit ringan.

5. Lontong Balap

dinamakan lontong balap karena pada jaman dahulu kala, penjual lontong balap memikul dagangan kulinernya, nah agar beban terasa ringan maka penjual kuliner lontong balap ini sedikit berlari mengikuti ayunan pikulan lontong balap, karna penjual lontong balap ini sedikit lari maka di sebutlah kuliner yang satu ini dengan nama lontong balab. di surabaya banyak sekali penjual kuliner lontong balab, jadi jangan kuatir ngga nemu kuliner yang satu ini.

6. Soto daging madura gubeng pojok

soto daging madura gubeng pojok ini sangat terkenal di kalamngan masyarakat surabaya, mungkin anda yang tidak tinggal di surabaya pun pernah dengar soto daging gubeng pojok. rasa soto yang orisinil membuat kuliner yang satu ini banyak diminati, jadi jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini, tempatnya di bilangan gubeng dekat jalan pacar, tapi sekarang sudah banyak cabang yang buka di surabaya atau kota kota lain.

7. Rawon Setan

rawon setan ini hanya buka di malam hari, mungkin karena itulah kuliner ini di namakan rawon setan. hampir sama dengan kuliner soto gubeng pojok, raowon setan pun sangat terkenal di surabaya, hingga banyak artis ibu kota berkomentar tentang rawon setan ini. tempatnya di jalan embong malang, depan hotel jw mariot, dan jangan lewatkan kuliner yang satu ini dalam list wisata kuliner anda.

8. Soto Ayam cak to

soto ayam cak to ini sunggu nikmat, sangking nikmatnya banyak sekali pembeli rela berdiri antri untuk dapat kursi dalam warung. warung soto ayam cak to ini relatif kecil dan hanya buka pada jam makan siang sampai jam tiga sore, tempatnya di jalan undakan wetan, anda harus rela antri untuk menikmati kuliner yang satu ini, tapi itulah nikmatnya soto ayam cak to.

9. warung kopi cak mis

warung kopi cak mis ini terletak di jalan bintoro surabaya, warung kopi cak mis menjual beraneka ragam makanan ringan dan kue kue, tapi uniknya disini kue kue mempunyai nama yang berbeda dari kue kue yang lain, mungkin anda yang tinggal di luar kota surabaya belum pernah memakan kue lumpur lapindo, kue spring bed, kue pakan doro, kue krisdayanti atau meminum stw, mbok nom, ato kopi ngacengan. di di warung kopi cak mis banya sekali pilihan makanan dan jajanan, jadi jangan sampai kelewat yang satu ini.

10. Sego Sambel Wonokromo

di surabaya, kuliner sego sambel sudah menjamur, tapi yang paling terkenal dan paling enak menurut saya adalah sego sambel wonokromo, warung sego sambel wonokromo ini hanya buka di malam hari, mulai pukul sepuluh malam sampai jam empat pagi, di dalam kuliner sego sambel wono kromo ini selain nasi dan sambal juga di padukan dengan ikan pe atau ikan pari ditambah tempe dan telor, sungguh nikmat kuliner yang satu ini. jadi jangan sampai terlewatkan.

mungki di atas hanya beberapa referansi tentang kuliner yang ada di surabaya, tapi sebenarnya wisata kuliner di surabaya jauh lebih banyak dan lebih beragam, dan untuk soal harga jangan kuatir, dari referansi kuliner yang saya tulis di atas ngga bakalan menjebol kantong anda karena memang relatif murah.jadi bila anda berkunjung ke surabaya jangan lewatkan referansi kuliner kuliner di atas. semoga referansi saya bisa membantu anda, dan selamat mencoba.(gihs)

Komen

Related For Wisata kuliner di surabaya