Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Uniknya Kedai Tjap Loko

KEDAI Tjap Loko adalah kedai mi yang bukan hanya sekadar menjual mi. Berawal dari merasa kurangnya tempat nongkrong yang menyajikan makanan dan minuman after midnight, dari sanalah kemudian Oky Hartanto mendirikan kedai mi miliknya yang diberi nama Kedai Tjap Loko yang berada di Jalan Beraban, Banjar Taman, Kerobokan.

Menurutnya, di Bali, terutama di daerah Kuta dan Seminyak masih jarang ditemui tempat makan mi instan. Berbeda seperti di daerah Jawa, yang justru tersebar di berbagai daerah. “Kalau di Bali, paling dekat adanya di daerah Teuku Umar atau Renon, daerah lainnya masih kurang tempat seperti ini,” ujar Oky.

Dengan ukuran tak terlalu besar, namun Oky membuat kedainya ini spesial. Apa yang menjadi spesial? Di sini, orang tidak sekadar makan lalu pergi. Oky membuat kedainya ini agar pengunjung bisa berinteraksi dan bersosialisasi satu sama lain. “Di sini, orang dari yang gak kenal bisa jadi kenal dan kemudian jadi temenan,” ujar Oky.

Hal tersebut ia terapkan pada meja yang digunakan. Terdapat satu meja panjang tepat di tengah ruangan, layaknya meja makan keluarga di rumah. Jadi orang-orang yang datang ke Kedai Tjap Loko ini pun akan makan bersama dengan tamu yang lain dalam satu meja yang sama.

Otomatis, baik disengaja ataupun tidak, para tamu bisa mulai saling mengobrol, saling berinteraksi satu dengan lainnya. Selain itu, Kedai Tjap Loko tidak menyediakan fasilitas WiFi karena untuk mendukung konsep sosialisasi yang dibangun. “Kalau ada WiFi, ya, jadinya nanti tidak ngobrol dong, nunduk semua main gadget,” ujar Oky sambil tertawa.

wisata kuliner indonesiaLayaknya meja makan di rumah, toples-toples berisi berbagai camilan hingga kerupuk tersedia di sini. Selain seperti makan di rumah sendiri, para customer Kedai Tjap Loko bisa membangun sosialisasi antar sesama customer juga dengan Oky. Kedai Tjap Loko beroperasi setiap malam hingga dini hari, yaitu mulai pukul 20.00-03.00 Wita.

Yang juga membedakan Kedai Tjap Loko ini dengan warung mi kebanyakan, adalah cara memasaknya. “Di sini, seperti untuk mi kuah, air untuk kuah dimasak terpisah, tidak disatukan bersama mi-nya,” ujar Oky.

Dengan harga Rp 9.000, customer dapat menikmati semangkuk mi instan goreng atau mi instan kuah lengkap dengan sayur dan telur. Jika ingin menambah keju atau kornet, masing-masing cukup menambah Rp 3.000.

Ada juga yang komplet, yaitu semangkuk mi lengkap dengan sayur, telur, sosis, keju, kornet, dan bakso. Yang tak kalah spesial yang jarang ditemui di tempat lain, Kedai Tjap Loko menyajikan mi sambal roa. Mi dengan gaya Manado ini bisa jadi pilihan bagi mereka, para pecinta kuliner pedas.

Selain mi, penganan lain yang turut ditawarkan oleh Kedai Tjap Loko adalah roti bakar dan pisang bakar. Untuk roti dan pisang bakar dibakar langsung dengan alat bakar, bukan dengan pan dan kompor yang banyak digunakan di warung mi lainnya. Alat bakar pun tampak di area depan kedai ini.

“Saya ingin menyajikan roti bakar yang memang benar-benar dibakar, bukan yang digoreng di atas pan,” ujar Oky sembari melepas tawa.

Es Milo Ukuran Jumbo
Bicara kedai mi instan dan roti bakar, tak lengkap bila tidak dengan minumannya. Satu di antara minuman andalan dan juga favorit di Kedai Tjap Loko adalah Es Milo. Yang membuat berbeda Es Milo di sini adalah ukurannya. Di sini, Es Milo tersebut disajikan dalam gelas besar, jadi ukurannya bisa dikatakan jumbo.

segernya es milo disiniTak hanya itu, Es Milo ini diberi topping bubuk Ovaltine di atasnya. Jadi, saat meminum minuman tersebut, ada sensasi krenyes-krenyes dari bubuk Ovaltine yang ditabur di atasnya. Selain disajikan secara dingin, Milo juga ditawarkan secara hangat.

Kedai Tjap Loko juga menyediakan minuman kopi. Kopi yang disajikan merupakan kopi Vietnam yang disajikan secara Vietnam Drip. “Untuk kopi, kami pakai kopi Vietnam langsung dari supplier,” ujar Oky.

Tidak sekadar cara penyajiannya, namun kopi yang digunakan pun asli Vietnam. Hal lain yang membedakan, dalam penyajiannya susu kental manisnya dibuat terpisah.

Jika pada umumnya dalam gelas penyajian Vietnam Drip sudah terisi susu kental manis, susu disiapkan dalam gelas berbeda. Sehingga para customer dapat menyesuaikan tingkat kemanisan sesuai selera mereka.

Selain itu, Kedai Tjap Loko juga menawarkan Es Teh yang tak biasa. Es batu yang digunakan untuk minuman tersebut menggunakan tea cube (es batu terbuat dari larutan teh). Jadi meskipun es batu tersebut mencair, tidak mengurangi cita rasa teh.

Es Teh ini memiliki varian lain, yaitu dengan tambahan Leci. Es Teh Letji ini dapat dinikmati per gelas atau dipesan per kendi. Untuk per gelas, Eh The Letji ini dapat dinikmati dengan harga Rp 15 ribu. Sementara untuk ukuran per kendi dihargai Rp 25 ribu.

Ada juga Teh Potji yang dapat dinikmati dengan harga Rp 12.500. Teh Potji ini pun dapat di-refill secara gratis. Beberapa jenis minuman lainnya pun turut ditawarkan oleh Kedai Tjap Loko. Seperti, Soda Gembira, Cola Float, dan Es Stroop.

Komen

Related For Uniknya Kedai Tjap Loko