Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Ubud kota seni dan kerajinan Bali

24 Juni 2010 | Seni dan Budaya

pasar-seni-ubud

Bali memang terkenal dengan alamnya yang indah, pesona eksotika budaya yang tak pernah luntur dan tergerus moderenitas jaman, tak heran jika banyak wisatawan dalam dan luar negeri mencantumkan Bali sebagai salah satu tujuan berlibur. Siapa yang tidak tahu tentang sunset di Kuta, siapa yang tak pernah tahu berisiknya Legian dimalam hari, tempat mayat di Trunyan, keindahan pura di Bedugul, berselancar di pantai Pecatu, dan tempat-tempat indah di Bali yang lain. Ada satu tempat yang apabila tidak anda kunjungi anda tidaklah sedang berwisata ke “Bali”, Ubud adalah sebuah kawasan dimana anda akan benar-benar merasakan bahwa anda sedang berada di “Bali”, pagelaran seni dan budaya yang dilaksanakan secara periodik serta ratusan artshop dari para pengerajin Bali juga puluhan galeri seni para seniman Bali ada disana.

Ubud memiliki letak geografis yang cukup sejuk dengan ketinggian sekitar 300 MDPL, lingkungan yang masih alami sehingga pantaslah jika Ubud merupakan sumber inspirasi para seniman baik dalam dan luar negeri terutama dari belahan benua Eropa. Ketenaran Ubud sebagai daerah seni tak lepas dari warisan sejarah seniman besar seperti I Gusti Nyoman Lempad (1862-1978), Anak Agung Gde Sobrat (1919-1992), I Gusti Made Deblog (1910-1986), kemudian disusul oleh yang lain seperti, I Gusti Ketut Kobot, Ida Bagus Made, Dewa Putu Bedil, Ida Bagus Rai dan lain sebagainya. Ketenaran para pelukis tersebut di atas ikut memberikan inspirasi terhadap para pelukis barat untuk berdomisili di desa Ubud seperti seniman terkenal Antonio Blanco.

Ubud memang pusat seni di Bali, temukan puluhan artshop disana, disepanjang jalan Mas anda akan banyak menemui art shop yang menjual beraneka furniture, mulai dari yang berbahan rotan, jati atau atau bamboo, di Ubud kelod anda akan menemukan berbagai pernak pernik kerajinan tangan seperti kerajinan patung kayu, kerajinan perak, kerajinan gelas, kerajinan kulit, lukisan dan masi banyak lagi, disana juga tersebar puluhan restaurant dan penginapan, mulai penginapan yang murah sampai yang eksklusif, dari restaurant dengan masakan Indonesia sampai makanan eropa, di Ubud Kelod juga ada wisata alam yaitu monkey forest, anda dapat mendokumentasikan ribuan kera yang ada disana, persis seperti sangeh. Hanya pantai yang tidak dimiliki Ubud, semua ciri dari Bali terdapat disana, bila anda masih belum percaya, jangan lupa untuk melihat pagelaran seni yang biasanya diadakan setiap malam, terutama tari pendet dan kecak, anda hanya akan dikenakan sekitar Rp. 50.000,- untuk dapat menikmati eksotisme tari kecak.

Jalan menuju Ubud tidaklah terlalu rumit, bila posisi anda sedang berada di Denpasar, anda bisa menuju bypass dan mengikuti petunjuk kea rah Gianyar kemudian Ubud. Jadi saya anjurkan anda untuk pergi ke Ubud jika sedang berlibur ke ke Bali dijamin tidak akan menyesal.

Komen

Related For Ubud kota seni dan kerajinan Bali