Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Televisi, Pembangkit Roh Jahat | Dampak Terhadap Anak

kematian-otak-anak-karena-televisi
kematian-otak-anak-karena-televisi

Televisi Mencuci Otak Anak Anda

Stimulasi sinar dan suara televisi yang berlebihan saat masih usia dini akan menyebabkan masalah pada otak seorang anak. Perkembangan otak dimulai sejak lahir. Hingga memasuki usia dua tahun, otak bayi berkembang 3 kali lipat dibandingkan dengan ukuran semula. Otak sebagai sarana berpikir manusia telah berevolusi dalam memproses segala sesuatu yang sedang terjadi pada jamannya. Kecepatan otak memproses segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya bergantung adaptasi otak terhadap lingkungannya yang terbentuk sejak dini. (Baca artikel sebelumnya)

anak-melihat-televisi

Terpapar Televisi

Tayangan televisi seringkali bergerak pada kecepatan yang tidak nyata. Umumnya, tayangan-tayangan—bahkan film kartun—di televisi bergerak dengan sangat cepat (rapid screen image). Belum lagi kini setiap tayangan televisi selalu diselingi jeda tayangan komersial berdurasi singkat dengan kecepatan yang luar biasa. Ketika otak bayi berusaha mengikuti cepatnya “rangkuman dunia” melalui tayangan televisi, di kemudian hari otak tersebut akan merasa kesulitan ketika mencoba mengikuti kecepatan stimulasi yang terjadi di dunia nyata yang seolah lebih lambat.

Semakin dini bayi terbiasa menonton televisi, maka sesuai dengan konklusi Dr Christakis, akan memungkinkan dampak yang lebih parah. Padahal, pada 30 tahun terakhir usia seorang anak yang terbiasa menonton tayangan televisi terus berkurang. Kini, umumnya bayi mulai dibiasakan dengan tayangan televisi sejak usia 4 bulan. Hal ini membahayakan, terutama karena dampaknya yang memungkinkan terjadinya degradasi mental manusia yang lebih parah.

televisi-untuk-pendidikan-anak

Inikah Cara Mendidik Anak?

Lingkungan yang baik bagi perkembangan bayi atau balita adalah lingkungan yang mengandung interaksi secara langsung dengan manusia. Bayi mengenali suara dari kedua ayah ibunya, lalu ketika usianya lebih dari dua tahun, ia akan mulai mengenali wajah, karakter, dan perilaku orang-orang di sekitarnya. Aktivitas bayi sebaiknya dikondisikan agar lebih berstruktur serta melibatkan interaksi fisik, misalnya bermain balok, membaca, juga bernyanyi.

Masih ingatkah anda bahwa bayi tikus percobaan dikatakan “terpapar oleh suara dan sinar tayangan kartun di televisi” bukan “terpapar suara dan gambar tayangan televisi”? Ya, sebab pada usia sejak lahir hingga bayi berusia dua tahun, gambar visual di televisi tidak dapat dikenali oleh bayi. Dr Christakis menyebutkan, bayi tidak memproses isi cerita atau pesan tayangan televisi. Pada usia tersebut bayi hanya menangkap sinar dan suara yang berubah-ubah.

kotak-idiot-anak-dan-televisi

Kotak Idiot

Kini kita sampai pada pertanyaan yang sedikit menakutkan, apabila sinar dan suaranya saja dapat sangat berpengaruh pada perkembangan otak anak, bagaimana dampaknya bagi anak-anak yang telah terbiasa menontonnya karena dorongan keinginan dan tidak hanya menontonnya dalam waktu enam jam? Barangkali 10 atau 20 tahun ke depan, saya tidak akan menemukan lagi balita yang melambaikan tangan ke arah kereta api karena kebiasaan yang diajarkan oleh kedua orangtuanya, tapi justru balita yang meloncat ke arah kereta api karena terlalu banyak melihat film action pada usia dini. (ketahui lebih banyak)

Komen

Related For Televisi, Pembangkit Roh Jahat | Dampak Terhadap Anak