Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Sop Saudara Yang Seperti Saudara

12 Februari 2015 | Wisata Kuliner

Apa makanan terkenal dari Makassar yang Anda tahu? Coto Makassar, Konro Bakar, Pisang Epe, atau Sop Saudara? Memang seluruhnya merupakan kuliner khas dan terkenal di Makassar, namun untuk kuliner yang disebutkan paling akhir, memiliki sedikit keistimewaan dibanding nama-nama lainnya.

wisata kuliner indonesiaTergolong istimewa karena namanya yang bisa dibilang tidak biasa, yaitu Sop Saudara. Selain itu, arti atau makna di balik nama itulah yang menjadikannya lebih istimewa dari lainnya. Jika ditelusuri lebih jauh, filosofi yang terkandung di sop saudara sebenarnya cukup sederhana, kendati demikian termasuk sangat mulia. Menurut orang yang pertama kali mengenalkan sop saudara ini, H. Dollahi, bermaksud supaya setiap orang yang menyantap di warung sop saudara miliknya merasa selayaknya saudara dan memiliki satu sama lain. Tidak hanya itu, diharapkan pula merasa bersaudara dengan pengelola warungnya tersebut.

Daerah di Makassar yang banyak ditemui sop saudara adalah Kabupaten Pangkep, sekitar 60 kilometer dari pusat kota Makassar. Bisa dibilang, Pangkep adalah daerah asal dari sop ini. Selain itu, sop saudara juga biasa diartikan sebagai Saya Orang Pangkep, Saudara!

Terlepas dari apapun makna yang terkandung di dalam namanya, sop saudara sudah menjadi satu dari sekian banyaknya incaran para wisatawan pemburu kuliner di Makassar hingga kini. Lalu sebenarnya, seperti apakah sop saudara itu? Bagaimana rasanya? Dan, apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kuliner ini?
Sop saudara adalah sup dengan bahan dasar daging sapi ataupun daging kerbau, yang diracik dan dimasak bersama aneka bumbu khas Makassar, sebelum nantinya dihidangkan dengan ketupat atau nasi putih. Bisa juga disantap bersama ikan bakar atau perkedel untuk membuatnya makin mantap.

Soal rasa, Anda tidak perlu meragukan kelezatan sup ini. Menjadi salah satu kuliner yang dicari oleh para wisatawan yang datang ke Makassar merupakan bukti betapa sup ini begitu digemari. Belum lagi warga Makassar itu sendiri, yang memang menyukai rasanya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sop saudara terbilang mudah alias tak sulit mencari bahan bakunya di pasar-pasar tradisional. Resep yang digunakan untuk membuatnya tak jauh berbeda saat Anda membuat makanan khas Makassar lainnya yaitu Coto Makassar. Pertama, setelah merebus daging dengan air mendidih hingga lunak, masukkan tumisan bumbu yang telah dihaluskan seperti lengkuas, jahe, daun jeruk dan serai hingga harum. Jangan lupa untuk menambahkan pala, garam, dan kayu manis. Lalu biarkan masak hingga bumbu-bumbu tersebut meresap ke dalam daging.
Setelah dirasa sudah matang masukkan potongan ketupat, paru kering, soun, daun bawang, bawang goreng, dan juga perkedel kentang ke dalam piring saji atau mangkuk, kemudian siram dengan kuah serta daging yang masih panas tersebut.

Kini, sop saudara dengan mudah bisa Anda temui dimana pun di Kota Makassar. Mulai dari warung-warung kecil di pinggir jalan, sampai dengan di penginapan dan hotel-hotel di Makassar sebagai sajian andalan bagi tamu yang menginap. Di daerah lain di luar Makassar pun Anda bisa menjumpai penjual kuliner ini. Sebut saja Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Hebatnya lagi, dengan terciptanya menu sop saudara ini, sebuah organisasi bernama APSOS telah terbentuk. APSOS ini tak lain adalah kependekan dari Asosiasi Pengusaha Sop Saudara. Hal ini membuktikan keseriusan dari kuliner ini. Tidak hanya soal rasa, namun juga tentang kualitas sop saudara yang akan tetap dijaga kelestariannya.

Komen

Related For Sop Saudara Yang Seperti Saudara