Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Pulau Poncan Gadang | Sibolga | Sumatera Utara

Pulau Poncan Gadang merupakan salah satu tempat objek wisata yang cukup terkenal di Kota Sibolga, karena memiliki lokasi memancing dan tempat menyelam bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Pulau Poncan itu dulunya tempat persembunyian bagi tentera Jepang dan juga memiliki goa yang cukup panjang, namun tidak pernah dimasuki masyarakat.

Pulau Poncan itu jaraknya sekitar lebih kurang3 mil dari pantai Sibolga atau 364 Km arah timur Kota Medan. Misnal mengatakan, Pulau Poncan itu tidak hanya ramaidikunjungi pada Idul Fitri, tetapi juga pada hari-hari biasa maupun hari Minggu.

Warga yang mengunjungi lokasi pulau itu, tidak hanya melihat pantainya yang indah atau penginapan yang ada tempat itu, melainkan juga untuk mandi dan berenang di pinggir pantai.

Apalagi, katanya, air laut di pulau itu juga sangat jernih dan belum tercemar, sehingga para pengunjung merasa senang berendam sembari melihat keindahan terumbu karang yang terdapat di dasar laut.

Bahkan, wisatawan mancanegara seperti dari Belanda, Australia, Inggris, Malaysia, Singapura dan negara-negara Eropa lainnya sangat menyukai Pulau Poncan Gadang.

Selain itu, mereka juga senang memancing,berenang, menyelam menyaksikan keindahan panorama alam dasar laut yang dihuni berbagai jenis ikan dan biota laut. “Keindahan Pulau Poncan Gadang itu, tidak kalah dengan keindahan di Pantai Bunaken, di Manado dan daerah lainnya,” ujar Misnal.

Sementara wisatawan nusantara yang sering berkunjung ke Poncan Gadang, berasal dari Sibolga, Padang Sidempuan, Medan, Jakarta, dan Surabaya. Poncan Gadang itu dapat ditempuh dengan menggunakan kapal kecil, selam lebih kurang satu jam dari Pelabuhan Samudera Sibolga.

Biasanya, warga yang ingin pergi ke Pulau Poncan Gadang itu, menggunakan kapal pukat cincin yang sedang nongkrong di gudang-gudang tangkapan ikan yang ada di Pelabuhan Sambas Sibolga. “Ongkos kapal ke Pulau Poncan Gadang itu bervariasi, yakni Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per orang,” katanya.

Komen

Related For Pulau Poncan Gadang | Sibolga | Sumatera Utara