Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Pantai Watu Ulo Jember

Pulau Jawa merupakan pulau terpadat penduduknya diantara pulau-pulau di Indonesia, banyak diantaranya yang bertransmigrasi atau merantau ke pulau-pulau lain. Dibalik kepadatan jumlah penduduknya, ada begitu banyak destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari ujung timur hingga ujung barat, pulau Jawa tidak kehabisan pesonanya. Kali ini kita akan mengintip keindahan Pantai Watu Ulo yang berada di sebelah selatan Kota Jember.
pantai+watu+ulo+jember

Secara administrative Pantai Watu Ulo berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember atau sekitar ±40 km selatan pusat Kota Jember. Untuk dapat sampai ke lokasi, kita bisa menggunakan kendaraan bermotor, kendaraan pribadi maupun kendaran umum (dilanjutkan dengan berjalan kaki). Jika Anda dari arah Surabaya, bisa menggunakan jalur Surabaya – Pasuruan – Probolinggo – Lumajang – Tanggul – Jember – Ambulu – Pantai Watu Ulo. Atau jika dari arah Denpasar bisa menggunakan jalur Denpasar – Banyuwangi – Jember – Ambulu – Pantai Watu Ulo.

Yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah deretan batu-batuan karang yang menyerupai seekor ular. Selain itu, ombak serta keindahan alam sekitarnya yang sangat mempesona. Apalagi jika cuaca sedang cerah, hamparan laut biru yang berpadu dengan gumpalan-gumpalan awan putih yang melayang-layang di laingit biru semakin menambah pesonanya. Hasil jepretan para penggila dunia fotografi juga semakin indah, bahkan mereka tidak menghiraukan teriknya cahaya matahari yang bisa membakar kulit.
keindahan-pantai-watu-ulo

Menurut legenda yang beredar di kalangan masyarakat, konon ada jelmaan seekor ular/ naga raksasa yang menjadi penunggu daerah pesisir selatan Pulau Jawa. Ada yang menyatakan ukurannya sangat besar, dimana ekornya berada di Banyuwangi dan kepalanya berada di Puger. Sedangkannya tubuhnya sendiri berada di Pantai Watu Ulo ini. Hal tersebut yang menjadi dasar timbulnya deretan batu-batuan karang yang menyerupai bentuk badan ular. Namun justru deretan batu karang tersebut yang menjadi ciri khas dan salah satu daya tarik bagi para wisatawan.
watu_ulo

Biasanya pantai ini akan ramai dikunjungi para wisatawan pada akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Tak hanya para remaja yang singgah di pantai ini, melainkan para rombongan keluarga juga banyak terlihat memenuhi kawasan Pantai Watu Ulo. Selain sebagai salah satu objek wisata di kota Jember, Pantai Watu Ulo juga dijadikan sebagai tempat diadakannya Pekan Raya yang dilaksanakan setiap tanggal 1 sampai 10 bulan Syawal (saat Hari Raya Idul Fitri dan sesudahnya). Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan berbagai acara hiburan dan sebagai ajang penjualan hasil kerajinan para nelayan setempat.

Dan pada hari ke-7 bulan Syawal atau hari Raya Ketupat, para nelayan setempat mengadakan Upacara Larung Sesaji. Dimana para nelayan tersebut melempar sesaji ke laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rezeki yang mereka terima. Kalau sedang berada di Pantai Watu Ulo, jangan lupa untuk singgah juga ke beberapa lokasi wisata yang berada di sekitar pantai, seperti Gua Jepang, Gua Lawa (Gua Kelelawar), Pantai Payangan dan Tanjung Papuma.

Komen

Related For Pantai Watu Ulo Jember