Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Panel Surya dari Aki Bekas

23 Februari 2015 | Artikel Unik, Kumpulan Tips

Panel Surya dari Aki Bekas, sebuah Ide daur ulang cemerlang yang sudah berhasil diterapkan. Hampir semua jenis baterai bekas, termasuk aki, memiliki zat-zat kimia berbahaya yang berpotensi mengancam kelestarian lingkungan hidup. Untungnya, ilmuwan dari Universitas MIT (Massachusetts Institute of Technology) berhasil menemukan salah satu cara terbaik untuk mendaur ulang baterai-baterai bekas tersebut.

Panel Surya dari Aki Bekas

Ide daur ulang cemerlang yang sudah berhasil diterapkan oleh MIT adalah dengan mengubah aki-aki bekas tersebut menjadi panel surya berkualitas unggulan. Mereka menemukan cara untuk memanfaatkan zat bernama ‘perovskite’ di dalam aki untuk membuat lapisan panel surya jenis baru.

Usaha yang sudah peneliti MIT lakukan selama 2 tahun pun telah menunjukkan hasil gemilang. Panel Surya dari Aki Bekas yang mereka buat dari perovskite mampu menghasilkan energi 19 persen lebih efisien dari panel surya biasa. Dan dengan ditunjang ukuran yang lebih tipis, panel surya perovskite bisa dengan mudah dipasang di rumah-rumah.

MIT mengklaim satu buah aki bekas bisa dipakai untuk membuat beberapa buah panel surya perovskite yang sanggup menghasilkan listrik untuk 30 rumah. Harga yang dibanderol untuk panel surya jenis ini pun lebih murah karena peneliti MIT juga sukses menemukan cara mudah untuk membuat panel surya dari perovskite.

Sampai saat ini, aki bekas masih menjadi isu lingkungan hidup terbesar di Amerika. Hal ini tak lepas dari jumlah aki bekas yang mencapai 200 juta buah di seluruh Negeri Paman Sam.

Komen

Related For Panel Surya dari Aki Bekas