Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Pa Setiap Tetesan Keringatmu adalah Pelajaran Untukku

18 November 2014 | Kisah Motivasi

ayah-setiap-tetesan-keringatmu-adalah-pelajaran-untukku
Selama aku hidup, aku tak pernah melihat papa menangis. Sama sekali, tidak sekalipun, baru sekali beberapa bulan yang lalu.

Sedih,, dan sangat sedih rasanya, sampai –sampai tak tahu harus berbuat apa.

Hidupnya mungkin tak sempurna. Sejak kecil, ia selalu berusaha untuk menghidupi dirinya, bersekolah sebaik mungkin, dan melakukan semua yang ia bisa. Sesekali aku mendengar cerita papa ketika ia masih kecil. Ia pernah bercerita bahwa dulu setiap pulang sekolah, ia harus mencari rumput untuk kambing yang dipeliharanya. Di bangku sekolah menengah atas pun, ia rela berjalan berkilo-kilometer jauhnya untuk mencapai sekolahnya. Sejak dulu jauh sebelum aku lahir di dunia, ia sudah tahu apa arti kerja keras.

Papa tak pernah membentak apalagi memaki-maki. Jika ia marah, ia hanya menggumamkan beberapa kata, tapi itu sudah cukup untuk membuatku kalang kabut. papa adalah sosok yang lebih suka langsung melakukan sesuatu tanpa harus basa-basi terlalu banyak bicara.

Sewaktu aku duduk di bangku sekolah dasar, papa pernah dikirim bertugas ketempat yang jauh. Saat itu alat komunikasi hanya bisa melalui telepon dan setiap beberapa minggu sekali menyempatkan untuk menelepon lewat jaringan telepon kantor. Mendengar suara papa yang jauh di sana saat itu rasanya sudah membuat hati bahagia.
Ia sosok yang selalu sabar mengantarku pergi ke sekolah setiap pagi. Terkadang ketika sedang tidak sibuk bekerja di kantor, ia pun akan menjemputku dari sekolah. Sejak sekolah dasar bahkan hingga sekarang jika masih bisa, Selalu memastikan aku pulang dan berangkat dengan selamat, di mana pun itu.

Aku pernah mengecewakannya, mungkin bukan sekali, tapi berkali-kali. tapi ia tak pernah menunjukkan kemarahannya. Satu pesan yang selalu ia berikan padaku dan kakakku ini selalu kuingat, “Jangan melakukan sesuatu dengan setengah-setengah.” Terkadang merasa sangat bersalah jika selama ini aku belum bisa membahagiakan dan membuatnya bangga. Tapi ia selalu percaya padaku, selalu memberikan semua keputusan kepadaku, karena ia tak pernah memaksaku untuk melakukan sesuatu hingga detik ini.

Selalu ada pelajaran dari setiap tetesan keringatnya. Ada kasih sayang, cinta, dan perjuangan dalam setiap peluh keringatnya. Ia yang selalu memastikan semua keluarga bisa tinggal di rumah yang nyaman. Ia yang tak pernah lelah untuk melakukan yang terbaik untuk anak dan istrinya. Mungkin ia tak pernah menceramahiku tentang bagaimana seharusnya menjalani hidup, tapi caranya berjuang untuk keluarga sudah cukup memberitahuku apa arti kerja keras dan bagaimana menjadi orang yang bermanfaat dalam hidup.
Semoga di sisa hidupku, aku bisa menjadi anak yang selalu papa banggakan. Sehat selalu, pa..

Komen

Related For Pa Setiap Tetesan Keringatmu adalah Pelajaran Untukku