Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Masjid Ramah Perempuan Bermunculan di Dunia

664xauto-masjid-ramah-perempuan-mulai-bermunculan-di-seluruh-dunia-141118h
Memenuhi kebutuhan perempuan muslim, semakin banyak saja masjid di seluruh dunia yang berlabel masjid ‘ramah perempuan’.
Masjid-masjid itu menawarkan lebih banyak ruang bagi perempuan untuk beribadah dan mengajak mereka terlibat aktif dalam kegiatan masjid.

“Kami sering mempertanyakan, mengapa kita tidak melayani kebutuhan perempuan dan tidak menciptakan arsitektur untuk memenuhi kebutuhan laki-laki dan perempuan,” kata Fiyaz Mughal dari Faith Matters kepada kantor berita Anadolu, Selasa 18 November 2014..
“Tapi sekarang banyak masjid yang mulai bergerak melayani kebutuhan jamaah perempuan sejak 10 tahun yang lalu,” kata pendiri dan direktur organisasi lintas agama di Inggris itu.
Mughal menyerukan, permintaan jutaan wanita muslim yang menginginkan peran lebih dalam masjid. Salah satunya Hatice Esser yang menginginkan adanya perluasan tempat salat bagi perempuan.

“Aku sering menghabiskan waktu di luar rumah dan aku membutuhkan tempat untuk beribadah,” kata mahasiswi Turki 21 tahun itu. “Memang ada masjid yang sudah menyediakan, tapi fasilitasnya tidak memadai.”

Bagi Esser dan perempuan muslim di Turki, mimpi memiliki masjid yang ramah perempuan sebentar lagi akan terwujud. Pemerintah Turki tengah membangun Masjid Camlica di Istanbul yang akan memiliki ruang yang luas bagi perempuan untuk melakukan kegiatan keagamaan.
Arsitektur masjid selama ini didominasi oleh kaum laki-laki. Tapi di Turki, kaum perempuannya mulai terlibat dalam urusan rancang-merancang masjid.

Dengan biaya US$66,5 juta, rancangan Masjid Camlica dikerjakan oleh dua arsitek perempuan, Bahar Mazrak dan Hayriye Gül Totu.
Diperkirakan akan menjadi masjid terbesar di Turki, Camlica akan dibangun di atas lahan seluas 30.000 meter persegi di distrik Uskudar, Istanbul.
“Beberapa fitur dalam masjid baru itu merupakan ‘diskriminasi’ positif bagi perempuan,” kata Metin Kulunk, Presiden yayasan masjid.
Kulunk menambahkan, masjid tersebut memiliki tempat wudhu khusus perempuan dan sebuah elevator yang akan mengantar mereka ke tempat salat. Jamaah perempuan juga bisa menitipkan anak-anak di tempat penitipan anak di dalam masjid.
Tidak hanya itu, masjid juga memberikan fasilitas bagi para penyandang cacat, sebuah balkon untuk menyaksikan salat, museum dan galeri seni Islam, perpustakaan dan lapangan parkir yang bisa menampung 3.500 kendaraan.
Untuk menekankan pentingnya masjid yang ramah perempuan, Mughal dan teman-temannya telah menyusun direktori yang berisi lebih dari 100 masjid di Inggris.
Mughal mengatakan, penyusunan direktori tersebut sebagai referensi untuk membantu mengembangkan keterlibatan perempuan dalam masjid. Langkah Faith Matters ini sudah diadopsi oleh beberapa negara.

Masjid ramah perempuan yang arsitekturnya merupakan gabungan antara Ottoman dan tradisi lokal Denmark dan Skandinavia rencananya akan didirikan di kota Aarhus, Denmark.

“Pembangunan akan dimulai pada 2016 jika pemerintah setempat menyetujui,” kata Metin Aydin, sang arsitek yang memiliki darah Turki.
Sekitar 99 persen dari populasi Turki adalah muslim. Turki memiliki ribuan masjid, yang paling terkenal di antaranya adalah Blue Mosque atau Masjid Biru.

Komen

Related For Masjid Ramah Perempuan Bermunculan di Dunia