Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Indahnya Gunung Krakatau

3 Desember 2014 | Tempat Wisata

Gunung Krakatau dimana meletus sekitar tahun 1883, namun yang mana Anak Krakatau sudah ada 40 tahun sesudah letusan dahsyat itu. Untuk lebih mudah, yang disebut Anak Krakatau dinamakan Krakatau. Dari tahun ke tahun, Krakatau tingginya meningkat sekitar 20 kaki. Banyak orang berpendapat, Krakatau bisa saja meletus lagi di masa depan namun, Krakatau masih menjadi tempat wisata yang menjadi sasaran setiap orang,dikarenakan keunikan sejarah panjang nya dan keelokan alam bawah lautnya.Saat ini, banyak sekali yang mengenal Krakatau menjadi tempat wisata yang punya kesan “petualang”. Mulai saat menuju ke lokasinya saja sudah sangat jauh. Beda dengan wisata di Bali yang kebanyakan lokasi wisatanya bisa ditempuh 60 menit menggunakan transportasi darat.Gunung Krakatau ? Jangan berharap.

Sampai di Bandara Radin Inten di Bandar Lampung , diperlukan perjalanan darat yang ditempuh selama 60 menit, lalu melewati lautan kira kira 4 jam lagi. Dan itu pun jika lautnya tenang. Perjalanan bisa memakan waktu lebih lama kalau laut tidak sedang bersahabat.secara administratif, gunung krakatau berlokasi di selat sunda dan termasuk kawasan provinsi lampung, di gunung krakatau tidak ada manusia yang bertempat tinggal. dikarenakan tidak ada air yang jernih. biasanya, wisatawan gunung krakatau menginapnya di pulau sabesi yang memakan waktu kira kira 90 menit dari gunung krakatau.

TIAP TAHUN,GUNUNG KRAKATAU BER TAMBAH TINGGI SEPANJANG 6 METER LEBIH

24-11-2014-20-35-46

Tujung utama pengunjung menuju ke gunung Krakatau biasanya adalah wisata bawah laut dan gunung. Beberapa tempat menyelam dan snorkeling sangat fantastis untuk didatangi ,Walaupun tidak seindah bunaken ataupun wisata raja ampat, tetapi dikarenakan ada wisata gunung dan sangat dekat dengan kota metropolitan, jakarta. Wisatawan krakatau sangat banyak.

PULAU SEBESI

Adalah “pulau hidup” yang paling dekat dengan krakatau, kebanyakan penghuni nya adalah petani ataupun nelayan. Pulau sabesi berbentuk seperti gunung. Makin tinggi , makin banyak hutan dan babi yang berkeliling di hutan ini. Beberapa orang disini bertani cokelat. Untuk panen coklat diatas gunung di sana kebanyakan memakai anjing yang menggongan dimana ia memberi informasi kalau ada ancaman babi. Sangat banyak sekali anjing di lingkungan hunian rakyat. Seperti mayoritas penghuni kepulauan lain, rakyat sabesi sangat ramah dengan wisatawan dan suka membantu. Sabesi laksana generator yang menyala dan menerangi sabesi selama 6 jam , yaitu di waktu jam 6 sore sampai pukul 12 dini hari. Sesudahnya ? warga menggunakan lampu templok. beberapa memakai genset. di pulau ini sarana pendidikan sampai sekolah menengah atas, walaupun tertatih soal pendanaan, sokolah di pulau ini masih tetap berlangsung. Guru dibayar hanya 1jtan dimana dia mengajar untuk 2 sekolahan dan tidak ada keluhan.
Menurut cerita setempat, anak kecil di pulau ini suka menyembelih penyu sisik yang singgah di pantai. Pendidikan bikin mereka tak melakukan hal itu lagi

PULAU SEBUKU

Posisinya berdekatan dengan pulau sabesi. Contur pulau yang sama nyaris bundar seperti pulau yang kembar. Tapi penduduk pulau sabuku tidak sepadat pulau sabesi. Biasanya petani bertani coklat, pisang, ataupun jengkol. “pengen dibawa pulang ke jakarta”. Kata petani jengkol di pulau sebuku. banyak wisatawan yang ingin melakukan aksi snorkling di sekeliling pulau sebuku.

ANAK KRAKATAU

Dinamakan anak, dikarenakan baru timbul ke permukaan sesudah letusan gunung krakatau. Dimana Gunung Krakatau yang lama sudah tak ada lagi. Sampai saat ini, anak krakatau sedang aktif dan rutin meletup. Walau begitu , gunung ini bisa dibilang aman untuk dikunjungi. Banyak yang menginap di anak gunung krakatau, walaupun tak ada air yang jernih.mungkin dikarenakan laut yang biru jernih di sekitar krakatau yang sangat menarik bagi pengunjung untuk menikmati suasana menakjubkan.

Di berbagai waktu khusus, Anak Krakatau jadi sangat berbahaya dikarenakan lahar pijar pijar yang dikeluarkannya. Yang mana anak dari gunung yang pernah bikin setengah dunia diselimuti asap, sudah wajar jika se sekali sifat ganas dari bapaknya timbul.

PULAU RAKATA

Pulau yang masih tersisa dimana hasil letusan krakatau sekitar 150000 tahun lalu. Sesudah letusan mega dahsyat itu, baru ada lagi letusan dahsyat yang lain, yang banyak di dokumen kan di tahun 1883. Dulunya palau ini tanpa dihuni, namun seiring berjalan waktu. Kadal dan kelalawar mulai muncil menjadi ekosistem di pulau ini.

24-11-2014-20-31-47

AKSES

Medam ke krakatau cukup meletihkan. Pelabuhan utama yang Sering dipakai pengunjung menuju krakatau yakni Canti di Kalianda di Lampung. Di situ ada tak banyak kapal kapal penumpang dan barang yang rutin berlayar ke pulau sabesi dan sebuku. Yakni setengah perjalanan ke krakatau. sayangnya tak ada perahu menuju gunung ini. Sebab kapal wajib disewa. Ini yang bikin mahal kalau bukan secara berkelompok.

Banyak orang berkunjung ke Krakatau, lalu berkemah kesana. Kekurangannya sangat susah mencari makan dan air yang jernih, beberapa memilih tinggal di Pulau Sebesi yang orangnya sudah padat dan bisa diakses makan dan air bersih.

Komen

Related For Indahnya Gunung Krakatau