Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Guesthouse Bawah Tanah

Sejak Abdullah Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi, Pendopo Sabha Swagata Blambangan dirombak habis-habisan. Komplek rumah dinas Bupati itu kini berkonsep eco-friendly, ditambah adanya guesthouse semi bawah tanah. Unik!

Green House, begitu Bupati Anas menyebut bangunan ini. Desainnya dibuat oleh salah satu arsitek terbaik Indonesia, Adi Purnomo, dan rampung pada 2012. Bangunan ini menjadi tempat menginap para tamu Bupati.

Dari luar, tak ada tanda-tanda keberadaan guesthouse. Hanya ada lahan miring berumput, yang ternyata di bawah tanahnya ada guesthouse. Begini penampakannya saat detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu.

095251_atap11. Atap rumput
Ada 2 Green House yang berada di komplek Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Satu Green House digunakan sebagai guesthouse, sementara Green House lainnya sebagai garasi mobil.
Kawasan tempat tinggal Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas ini memang bisa dimasuki traveler. Namun ingat, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga yang bertugas.

095314_atap22. Bagian dalam guesthouse
Ada 2 pintu masuk guesthouse, masing-masing terletak di bagian ujung bangunan. Begitu masuk, traveler akan dihadapkan pada lorong panjang dengan pencahayaan alami. Pencahayaan itu berasal dari sunroof yang terpatri di atap rumput. Sepanjang lorong tersebut, berjejer kerajinan khas Banyuwangi yang didominasi oleh kayu. Ada pajangan, furnitur, sampai lukisan.

095334_atap33. Kamar tamu
Total ada 7 kamar tamu di Green House ini. Masing-masing ditata apik dan penuh furnitur modern. Pencahayaannya masih berasal dari sunroof, sangat hemat listrik!
Ini adalah salah satu kamar utama di Green House. Pada Thanksgiving beberapa waktu lalu, Dubes AS Robert O Blake menginap di sini. Dia memang menghabiskan libur Thanksgiving di Banyuwangi.

095354_atap44. Beranda
Tiap kamar di Green House punya beranda, masing-masing disekat tembok sehingga privasi terjaga. Beranda tersebut dilengkapi kursi dan meja yang adalah kerajinan asli Banyuwangi.
Rimbunnya tanaman dan pohon membuat tiap kamar tampak sangat hijau dan asri. Konsepnya modern, namun masih menggunakan beberapa atribut tradisional seperti kain dan ukiran.

grenhos5. Area makan
Di ujung lorong terdapat area makan yang cukup luas. Ada 2 meja panjang besar yang menghadap langsung halaman penuh rumput hijau. Ruangan besar ini juga menggunakan pencahayaan alami.
Waktu Dubes AS, Robert O Blake menghabiskan liburan Thanksgiving, jamuan makan malam digelar di ruangan ini. Meja-meja tersebut penuh oleh kalkun dan aneka sajian khas Thanksgiving.

Komen

Related For Guesthouse Bawah Tanah