Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Fakta Soal Mobil ??

1 Maret 2015 | Artikel Unik
fakta tentang mobil

Anda punya mobil? Selain menunjukan status sosial, memiliki mobil saat bepergian jauh atau ke kantor, tidak kehujanan ataupun kepanasan, dan memberikan kenyamanan bagi penumpang sambil tiduran sekalipun, berbeda dengan pengguna motor yang siap panas panasan atau kehujanan.

fakta tentang mobilNamun dibalik kenyamanan memiliki mobil, tetap saja ada hal lain yang membuat pengguna mobil sedikit geram. Alih-alih terlindung dari hujan dan panas, ternyata pergi ke kantor tidak lebih cepat dibanding menggunakan motor, terkena macet sana sini saking menumpuknya mobil dan motor yang bersatu dengan kendaraan umum.
Tahukah kamu bahwa mobil memiliki fakta mengejutkan yang mungkin belum kita ketahui selama ini. Berikut adalah 10 fakta tersebut.

1. Bau Mobil Baru
Tahukah kamu berasal dari mana bau mobil baru yang mungkin membawa gembira bagi penggunanya? he…Jawabannya bukan dari kulit jok mobil atau kulit lainnya di dalam mobil. Bau mobil baru berasal dari kombinasi lebih dari 50 senyawa organik volatil atau Organik Volatil Compound (VOC) yang bersumber dari senyawa pembersih dan pelumas cat dan karpet.

2. Mobil Tercepat
Guinness World Records mencatat bahwa mobil tercepat di dunia dipegang oleh Bugatti Veyron Super Sport yang bersertifikat memiliki kecepatan tertinggi rata-rata yang dicapai 268 mph atau sekitar 431,2 km/jam.

3. Mobil, Mobil dan Mobil di Jalanan
Tahun 2010 saja, tercatat bahwa jumlah mobil yang digunakan di planet ini mencapai lebih dari satu milyar. Dengan Amerika pemegang rekor terbanyak sejumlah 239.800.000 mobil serta disusul China dengan jumlah mobil lebih dari 78 juta. Bagaimana dengan Indonesia? dan Bagaimana dengan data 2015 saat ini? Yang pasti mobil bertambah, dan motor tidak kalah bertambah banyak.

4. Daur Ulang Mobil
Mobil bekas alias rongsokan mobil tenyata masih banyak manfaatnya. Sebagian besar mobil di dunia didaur ulang sebagai bahan baja. Di Amerika saja, 95% mobil rongsokan di daur ulang setiap tahunnya menghasilkan 14 juta ton baja. Namun tak sedikit pula yang teronggok saja menjadi sampah mobil.

5. Dengan Mobil Kita Bisa Ke Bulan
Eitss, jangan salah paham. Maksudnya adalah jarak anda berkendara ke suatu tempat menggunakan mobil selama ini mungkin saja sudah melebihi jarak kita ke bulan. Bulan memiliki jarak dari bumi sekitar 250.000 mil atau sekitar 402.250 km.

Jika kita misalkan setiap harinya rata-rata menggunakan mobil dengan kecepatan 60 km/jam, maka hitungannya kita bisa sampai kebulan sekitar 9 bulan. Apakah anda sudah menggunakan mobil lebih dari 9 bulan? mungkin sebenarnya anda sudah ada di bulan… hee

6. Apa yang menganggu saat mengemudi?
Saat ini, penggunaan smartphone atau ponsel saat mengemudi jadi pembicaraan luar biasa di seluruh dunia karena dapat memalingkan perhatian sehingga terjadi kecelakaan. Namun tahukah kamu, ternyata sebelum smartphone dilarang, radio dahulu kala pun dilarang dalam mobil. Namun nyatanya sekarang radio tape melekat di dalam mobil menemani perjalanan berkendara.

Saat ini smartphone pun bisa digunakan dengan cara yang canggih saat berkendara, yakni menggunakan headset serta pemegang ponsel lewat bluetooth. Seperti banyak kita lihat dalam drama korea atau film barat.

7. Kecelakaan Mobil Pertama
Kecelakaan mobil pertama terjadi tahun 1891 di Ohio City, melibatkan mobil bertenaga gas yang juga dikendarai dan dibuat oleh Insinyur John William Lambert. Lambert menabrak akar pohon yang mencuat dari tanah menyebabkan kendaraan berbelok dan menabrak pos. Namun Lambert dan satu temannya mengalami tidak luka parah.

Dikemudian hari Lambert terus melakukan penemuan-penamuan berhubungan dengan industri otomotif dan mempatenkannya hingga lebih dari 600 kali penemuan. Perusahannya dikenal sebagai Lambert Gas and Gasoline Engine Company dan perusahaan mobilnya bernama Lambert Automobile Company.

8. Keliling Jarak Jauh Pertama
Pertama kalinya mobil digunakan untuk berkendara jarak jauh dilakukan oleh istri dari penemu mobil Karl Benz yaitu Bertha Benz tahun 1888. Bertha menggunakan Motorwagen 3 untuk berkeliling dari Mannheim ke tempat kelahirannya di Pforzheim.

Perjalannya di tempuh selama 2 hari dengan jarak 66 mil atau sekitar 106,2 km. Berkat perjalanan yang dilakukan Bertha saat itu menjadi perhatian dunia karena waktu yang ditempuh sangat cepat. Sehingga mobil buatan Karl Benz banyak dibeli dan sebagai perusahaan pertama dalam penjualan mobil.

9. Pengontrol Kecepatan
Ceritanya dimulai saat Ralph Teetor yang penyandang tuna netra berkendara dengan pengemudinya. Sang pengemudi yang juga pengacara melambatkan kecepatan saat berbica dengan Ralph dan mempercepat kembali laju mobil saat mendengarkan. Ralph merasa kesal dan akhirnya memutuskan untuk membuat alat kontrol kecepatan mobil, dan mendapatkan hak patennya tahun 1945. Pengontrol kecepatan mobil tersebut saat ini dinamakan Auto Cruise Control.

Biasanya dijual khusus tanpa ditempatkan di dalam mobil langsung. Hanya beberapa mobil yang terbilang mahal dan premium yang menempatkan Auto Cruise Control. Info terbaru mobil CR-V teranyar memasang langssung pengontrol kecepatan mobil yang dinamakan I-ACC (Intelligent Adaptive Cruise Control).

10. Berapa banyak komponen mobil?
Mengejutkan, mobil memiliki rata-rata 30.000 komponen sehingga bisa disebut mobil. Tampak banyak karena setiap baut, sekrup, pin, dan masih banyak lainnya dihitung satu.

Well, masih berminat membeli mobil? kalau penulis sih mau saja apalagi kalau dikasih, hee… yang penting membeli mobil untuk kebutuhan penting, jangan hanya buat gaya. Tapi kalau mampu sih gak ada yang larang hanya saja , mengurangi global warming rasa-rasanya pengurangan pembelian mobil yang tidak begitu urgen kebutuhannya harus dipertimbangkan.

Komen

Related For Fakta Soal Mobil ??