Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

Daftar Negara Bebas Visa | Hanya Perlu Paspor (VoA)

5 November 2011 | Tempat Wisata

negara bebas visa

Sekarang sepertinya tambah semakin sedikit alasan untuk tidak mencoba wisata di Luar Negeri selain banyaknya maskapai penerbangan murah sampai adanya bebas biaya Fiskal apabila kita memegang kartu NPWP.

Kemudahan-kemudahan ini membuat kita semakin “melirik” untuk mencoba pariwisata di Luar negeri.
Satu hal juga yang gak boleh luput dari perhatian kita adalah kelengkapan dokumen, selain harus memiliki paspor (ada beberapa negara yang memiliki ketentuan minimal masa laku 6 bulan), mungkin kita juga harus menyiapkan VISA dari negara yang di tuju.

Visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh suatu negara yang memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Kebanyakan negara membutuhkan kepemilikan visa asli untuk dapat masuk bagi warga negara asing, meskipun ada skema lain. Namun beberapa negara membebaskan visa bagi pemegang passport dari negara-negara yang disepakati, atau biasa disebut Bebas Visa. Fasilitas bebas visa ini biasanya hanya diberlakukan untuk kunjungan singkat dan bukan untuk keperluan seperti bekerja, sekolah, berbisnis. Untuk keperluan lainnya tetap diperlukan pengajuan visa ke kedutaan, konsulat atau perwakilan yang ditunjuk negara yang dituju.

Berikut negara-negara yang membebaskan visa bagi pemegang passport Indonesia. Bebas visa berarti kita hanya perlu passport untuk memasuki negara tersebut. Visa on Arrival (VoA) sebenarnya bukan bebas murni karena kita tetap harus mengurus visa saat kedatangan di bandara tujuan dengan membayar sejumlah uang. VoA ini hanya berlaku untuk kunjungan singkat seperti untuk turis atau kunjungan sosial.

Berikut negara-negara tersebut :
Asia
Meliputi Negara :
Brunei: 14 hari, Kamboja: 30 hari (Visa On Arrival), Hong Kong: 30 hari, Iran: 7 hari (Visa On Arrival dengan Surat Sponsor), Yordania: 30 hari (Visa On Arrival), Laos: 15 hari (Visa On Arrival), Makau: 30 hari, Malaysia: 30 hari, Maladewa: 30 hari (Visa On Arrival), Filipina: 21 hari, Singapura: 30 hari, Sri Lanka: 30 hari (Visa On Arrival), Thailand: 30 hari, Timor Leste: 30 hari (Visa On Arrival), Vietnam: 30 hari

Afrika
Meliputi Negara :
Maroko: 90 hari dan Seychelles: 30 hari

Oseania
Meliputi negara :
Fiji: 120 hari, Guam: 14 hari (Guam Visa Waiver program), Mikronesia: 30 hari dan Palau: 30 hari (Visa On Arrival)

Amerika Selatan
Meliputi negara :
Chile: 90 hari, Kolombia: 90 hari dan Peru: 90 hari

Jumlah negara yang membebaskan pengurusan visa bagi warganegara Indonesia yang akan bepergian kenegara tertentu dapat bertambah atau berkurang, tergantung kebijakan Negara yang bersangkutan.

Komen

Related For Daftar Negara Bebas Visa | Hanya Perlu Paspor (VoA)