Kumpulan Cerita Menarik

Kumpulan Cerita Menarik – kisah Motivasi & artikel tentang misteri, wisata, tips

Menu

7 Makanan Khusus Untuk Daya Ingat dan Konsentrasi

13 Januari 2015 | Kumpulan Tips

cerita menarik tentang makananApa yang kita makan dan minum memiliki hubungan langsung dengan suasana hati dan kesejahteraan yang berhubungan dengan semua aspek kesehatan manusia. Seperti yang dibuktikan oleh penelitian yang sedang berlangsung, kualitas makanan yang kita makan memainkan peran penting bagi kondisi baik daya ingat dan konsentrasi.

Otak terdiri dari sekitar 100 miliar sel (neuron) yang mengontrol semua fungsi tubuh utama, termasuk ingatan kita. Seperti semua sel-sel tubuh kita, sehingga otak membutuhkan jumlah yang cukup vitamin untuk menjamin kelancaran dan power supply terus menerus.

Sel-sel otak memang menunjukkan kebutuhan energi yang sangat tinggi, yang mewakili 20% dari metabolisme dasar kita. Apa peran makanan dalam kesehatan ingatan kita dan makanan mana yang dapat meningkatkan baik daya ingat kita dan tingkat konsentrasi?

1. Perbanyak makan makanan seimbang
Bahan bakar utama otak adalah glukosa, yang disediakan oleh darah. Otak membutuhkan glukosa sepanjang hari, sementara kurangnya itu menyebabkan otak untuk mengubah prioritas pada bahan bakar yang akan mengganggu kelancaran fungsi nya. Jadi peran diet dalam menjaga kadar glukosa darah yang stabil sangat penting dan ini terutama dicapai dengan sering makanan yang seimbang yang mengandung makanan kaya karbohidrat.

Contoh makanan untuk meningkatkan daya ingat yang baik meliputi: Roti, biskuit, pasta, nasi, kentang, buah-buahan, jus dan sayuran. Gula bila dikonsumsi dalam jumlah sedang juga membantu untuk meningkatkan memori, karena pasokan otak adalah glukosa.

Selain makan siang dan makan malam, yang merupakan dua makanan utama untuk energi, yang tak kalah penting adalah sarapan dan makanan ringan di antara ketiga waktu makan tersebut. Ini tidak boleh dihilangkan karena mereka melanjutkan pasokan glukosa ke otak.

Sarapan mencakup kebutuhan awal dari energi, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal itu juga memberikan kontribusi untuk kinerja mental yang baik. Secara khusus, studi yang dilakukan pada anak-anak dan remaja menunjukkan bahwa anak-anak yang makan sarapan secara teratur memiliki memori dan kinerja yang lebih baik di sekolah.

Pada orang dewasa, konsumsi secara teratur makanan di antara waktu makan (makanan ringan) dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi memori yang lebih baik dan serta terjadi peningkatan kinerja kerja.

2. Waspadalah terhadap diet
Penelitian terbaru menganalisis dampak negatif dari diet ketat pada kesehatan dan mengungkapkan bahwa salah satu gejala utama adalah gangguan neurologis yang parah seperti kehilangan memori, kurang konsentrasi, lemah, bad mood, dan lain-lain.

Hal ini jelas karena diet, bahwa ketika pola makan kita tidak seimbang (diet yang mencakup berbagai macam makanan dalam proporsi yang benar dan jumlah), tubuh kita tidak mendapatkan vitamin yang diperlukan dan glukosa yang sangat penting untuk memori berkurang. Jadi Anda memiliki satu alasan lagi untuk menghindari diet yang menjanjikan hasil yang cepat melalui kekurangan yang intens dan akhirnya berbahaya.

3. Sering mengganti cairan tubuh
Hidrasi yang memadai adalah sesuatu yang sering diabaikan. Setiap hari kita perlu mengisi air kita yang hilang biasanya melalui konsumsi berbagai cairan. Selain air, hidrasi tubuh dapat dicapai melalui sejumlah cairan, seperti kopi, teh, jus, minuman ringan, buah-buahan dan sayuran.

Jangan lupa bahwa isi air dalam buah-buahan dan sayuran setinggi 70-80% dari berat badan mereka. Pentingnya hidrasi yang tepat juga dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa bahkan 3% dehidrasi (yaitu kurang dari 250 ml) menyebabkan kurangnya konsentrasi, daya ingat yang lemah dan mengurangi kinerja.

4. Vitamin
Vitamin B (terutama B6, B12 dan asam folat) berkontribusi terhadap berfungsinya sistem saraf, memfasilitasi transfer impuls saraf.

Makanan kaya vitamin produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau.
Juga, vitamin antioksidan seperti E dan C, dapat meningkatkan memori dengan memperlambat penuaan sel-sel otak. Makanan kaya vitamin E adalah minyak zaitun dan minyak biji. Sumber penting dari vitamin C adalah jeruk, kiwi, blackberry dan stroberi.

5. Ikan berlemak
Daging merah dan produk makanan lainnya yang didasarkan pada daging merah (sosis yaitu) merupakan makanan yang kaya lemak jenuh. Makanan ini selain masalah kardiovaskular yang mereka ciptakan, mereka juga muncul untuk mengurangi kapasitas kinerja intelektual.

Sebaliknya, Anda dapat makan ikan, terutama ikan berminyak (salmon, trout, dan tuna) yang merupakan sumber yang sangat baik dari omega-3 asam lemak. Omega 3 telah terbukti oleh penelitian untuk meningkatkan memori dan melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

6. Anda mengontrol kadar zat besi
Zat Besi adalah salah satu nutrisi paling penting bagi tubuh. Rendahnya tingkat zat besi, terutama ketika mencapai titik yang ditunjuk sebagai anemia, mempengaruhi fungsi kognitif kita, memori dan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Perhatian khusus harus diambil dari vegetarian, yang harus mengikuti diet yang dirancang dengan hati-hati untuk memenuhi kebutuhan mereka akan zat besi.

7. Coklat
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan cokelat meningkatkan produksi endorfin, zat yang menyebabkan mood yang lebih baik dan merangsang memori. Juga cokelat mengandung jumlah moderat kafein, yang berhubungan dengan merangsang dan meningkatkan suasana hati kita.

Namun berhati-hatilah, karena coklat memiliki kalori cukup dan jika tidak dikonsumsi dalam jumlah sedang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sepotong kecil cokelat yang kaya Kakao merupakan solusi ideal dan sehat.

Komen

Related For 7 Makanan Khusus Untuk Daya Ingat dan Konsentrasi